oleh

11 Puskesmas Di Kabgor Akan Dialihkan Jadi BLUD, Sekda Hadijah : Hanya Yang Memenuhi Syarat

LINTAS KABGOR (LIGO) – 11 Puskesmas di Kabupaten Gorontalo oleh Pemerintah akan dialihkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Namun untuk menuju BLUD tidaklah mudah, ada 12 Tahapan yang akan dilalui, dan pekan lalu ke 11 Puskesmas ini telah melalui Tahap Penilaian dan hari ini, Rabu (31/10) merupakan Tahapan ke 10 (sepuluh), dimana Tahapan ini adalah Pemaparan dari Puskesmas yang merupakan penilaian terakhir dari Tim BLUD Kabupaten Gorontalo jika lulus, maka dari ke 11 Puskesmas ini akan menjadi Puskesmas pertama yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD di Kabupaten Gorontalo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb. MM selaku Ketua Tim Penilaian BLUD menyampaikan, ke 11 Puskesmas ini telah melalui proses Tahapan Peralihan ke Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan untuk kedepan Puskesmas yang memenuhi syarat akan ditetapkan sebagai BLUD.

“Ini sudah melalui studi banding mereka, sudah melaksanakan kajian, melakukan workshop dan pada akhirnya mereka membuat paparan sesuai dengan keberadaan Puskesmas setelah itu paparan tersebut kita verifikasi ke lapangan apakah sesuai tentang pengelolaan kepegawaiannya, pengelolaan keuangan, pengelolaan kebersihan, sanitasi, lingkungan dan keberadaan secara umum dari pada Puskesmas itu sendiri.” jelas Hadijah, Ruang Madani Kantor Bupati Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Roni Sampir selaku Tim Penilai mengatakan Puskesmas sebagai BLUD intinya pada Pengelolaan Keuangan bagaimana mengelola keuangan supaya bisa memanfaatkan keuangan ini dengan baik, kemudian diberikan kebebasan dalam meningkatkan mutu pelayanan ke masyarakat.

“Penilaian Puskesmas berlangsung selama 12 Tahapan dimulai sejak masuknya Permohonan Alih Status Puskesmas tersebut, jika Puskesmas nanti sudah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD maka semua pendapatan dari jasa layanan tidak lagi masuk ke kas daerah tetapi masuk ke kas Puskesmas dan dapat dikelola secara mandiri.” imbuhRoni

Pemaparan dari Puskesmas yang memasuki tahapan penilaian terakhir dari Tim BLUD Kabupaten Gorontalo

Roni juga menerangkan Tim BLUD akan melakukan Rapat membahas untuk menetapkan 11 Puskesmas ini menjadi BLUD atau hanya sebagian saja yang memenuhi syarat.

“Kami targetkan pada 2019 mendatang seluruh Puskesmas di Kabupaten Gorontalo sudah menerapkan BLUD, bahkan apabila dialihkan menjadi BLUD harus ada RSB (Rencana Stategis Bisnis) dalam memprediksi 5 tahun kedepan untuk pelayanan dan pendapatan, bahkan setelah itu. ” terangnya

Laporan: Agung Julianto
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini