oleh

2.500 Peserta Ramaikan Jelajah Sepeda Nusantara di Bonebol

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou melepas secara resmi peserta Jelajah Sepeda Nusantara 2018 yang diawali dengan senam bersama di wilayah Kabupaten Bonebol dengan mengikuti etape Polanggua-Perintis dengan mengambil start di Lapangan Ippot Tapa dan finish di Center Point Bonebol, Minggu (12/8/2018).

Bupati Hamim Pou pada kesempatan itu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenpora RI telah menunjuk dan memilih Kabupaten Bonebolango sebagai salah satu daerah sebagai pelaksana Jelajah Sepeda Nusantara 2018.

“Kami merasa bahagia ditunjuk dan dipilih oleh Kemenpora menjadi salah satu daerah dari kegiatan Jelajah Sepeda Nusantara 2018. Apalagi kegiatan ini tidak hanya memadukan olahraga dan rekreasi, tapi juga untuk mengenal lebih dekat daerah-daerah. Karena selama ini kegiatannya orientasinya kalau bukan di Jakarta, pasti di Jawa,” ungkap Hamim.

“Lewat Jelajah Sepeda Nusantara ini, lebih mengenalkan daerah-daerah, terutama potensi sumber daya alam (SDA), kebudayaannya, keanekaragaman warganya. Tentu tujuan akhirnya adalah bagaimana merekatkan persaudaraan diantara kita semua, sebagai warga bangsa dan warga Indonesia,” sambung Hamim Pou.

Hamim pun bersyukur pelaksanaan Jelajah Sepeda Nusantara di Bonebol diikuti kurang lebih 2.500 peserta yang berpartisipasi.

“Insya Allah setelah Jelajah Sepeda Nusantara ini, kami memutuskan bahwa kegiatan jelajah sepeda harus menjadi kegiatan masive di Kabupaten Bonebolango. Sekurang-kurangnya seminggu sekali ada jelajah sepeda atau sepeda santai,” papar Hamim.

Lebih lanjut Hamim berharap lewat kegiatan Jelajah Sepeda Nusantara, Bonebolango lebih dikenal lagi, terutama berkaitan dengan obyek-obyek wisatanya bisa men-Indonesia.

Hamim menambahkan di Bonebolango ada banyak obyek wisata, diantaranya obyek wisata Hiu Paus, kemudian obyek wisata Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang di dalamnya ada satwa-satwa endemik, seperti kera, burung maleo, anoa.

“Semua itu keberadaannya hanya di Kabupaten Bonebol, yakni di tengah-tengah taman nasional tersebut,” kata dia.

Mantan Ketua PWI Gorontalo ini juga berharap kedepan lewat ivent Jelajah Sepeda Nusantara, Kemenpora bisa menguncurkan mendistribusikan berbagai program, kebijakan maupun kegiatan ke daerah-daerah.

”Terus terang Kabupaten Bonebolango merupakan kabupaten baru, dimana sampai saat ini belum memiliki stadion olahraga. Kami berharap bapak Menpora melalui Insya Allah tahun depan bisa memberikan satu program atau kegiatan bagi kami di Bonebolango, yaitu pembangunan GOR maupun stadion olahraga,” harap Hamim Pou.

Jelajah Sepeda Nusantara 2018 etape Polanggua-Perintis, turut diikuti Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail, Danlanal Letkol (L) Tonny Sundah. Selain itu, Bupati Hamim Pou, Kapolres Bonebolango AKBP Robin Lumban Raja, Kajari Bonebolango Bambang Dwi Handoko, Ketua TP. PKK Lolly Hamim Pou, dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab Bonebolango, 15 atlit nasional sepeda, serta ribuan peserta terdiri dari aparat TNI, Polri, ASN, berbagai komunitas, siswa-siswi, dan masyarakat umum.

Laporan : Najid Lasale/Hms Kadir
Editor : Nasrun A.H

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini