oleh

3 Tahun Memimpin Kabgor, Nelson Pomalingo Catatkan Sejumlah Prestasi

LINTAS KABGOR (LIGO) – Pembangunan Kabupaten Gorontalo selama 3 Tahun terakhir terus mengalami peningkatan Signifikan. Tidak bisa dipungkiri, usaha ini merupakan buah tangan dingin Prof. Nelson Pomalingo memimpin Kabupaten Gorontalo. Meskipun sejak 17 Maret 2018 lalu Dirinya harus melanjutkan Pemerintahan tanpa di dampingi Wakil Bupati, setelah Menteri Dalam Negeri mengeluarkan SK Nomor 131.75 – 409 Tahun 2018 tentang Pemberhentian Wakil Bupati Gorontalo.

Bagi Nelson, hal itu tidak membuat Semangat “Kendor” dalam menjalankan roda Pemerintahan. Kata Nelson kunci utama kesuksesan selama 3 Tahun Pemerintah adalah dengan Bekerja Ikhlas dan memperkuat SKPD untuk terus menjalankan Program sesuai Perencanaan.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo dibawah Nahkoda Nelson Pomalingo juga telah berhasil mendorong pertumbuhan Ekonomi.

“Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2015 berada pada kisaran 6.31 %, 2016 naik menjadi 6.62 %, tahun 2017 naik menjadi 6,81 % dan 2018 naik menjadi 6.93 %,” sumber: Data BPS.

Pertumbuhan ini diikuti meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia yang di dorong Sumber Daya Manusia (SDM) Maysarakat Gorontalo semakin baik. Pada Tahun 2015, IPM berada pada angka 63.63 % dan pada tahun 2018 meningkat menjadi 65.61 %.

Ditemui usai Refleksi 3 Tahun Pemerintahan Nelson Pomalingo, di Gedung Kasmat Lahay, Selasa (19/02), Dirinya mengatakan meskipun Penurunan Kemiskinan terus terjadi, namun Penurunan tersebut belum sesuai target.

Targetnya Kita itu, setiap Tahun Penurunan Kemiskinan sebesar 1.5 %, Tetapi 3 Tahun terakhir hanya berkisar 2 % lebih Penurunannya. Ini bukan persoalan Bantuannya tidak ada, atau Programnya tepat sasaran atau tidak. Tetapi Masyarakat kita rata-rata tingkat peningkatan dibawah,” kata Nelson Pomalingo, yang menegaskan bahwa Penurunan Kemiskinan ini dibandingkan Daerah lainnya di Provinsi Gorontalo mengalami Penurunan yang signifikan, karena dari Jumlah Penduduk Kabupaten Gorontalo lebih banyak dibandingkan Daerah lainnya.

Prof. Nelson Pomalingo Bupati Kabupaten Gorontalo bersama Ibu DR. Fory Naway Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo dalam kegiatan Refleksi 3 Tahun Pemerintahan Nelson Pomalingo

Untuk masalah SDM tersebut Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan Pendampingan dan Bimbingan kepada Masyarakat yang memiliki SDM dibawah. Selain itu, Peningkatan SDM terus di dorong dengan memastikan Rakyat mendapatkan Layanan Pendidikan dengan mengurangi Jumlah Peserta Didik Putus Sekolah. Selain itu Fasilitas Pendidikan juga terus dipenuhi.

Sementara untuk Beasiswa Gemilang, Penerima Beasiswa dari 2016 sampai 2018, SD sebanyak 350 Siswa, SMP 190 Siswa dan S1 Mahasiswa 100 Orang. Akibatnya adalah dengan mendorong SDM ini, berpengaruh pada menurunnya Pengangguran meskipun Angka Kemiskinan tidak mengalami penurunan signifikan.

Berkuragnya Jumlah Pengangguran diakui Nelson karena semakin terbukanya Lapangan Pekerjaan.

“Jumlah Pengangguran Kita turun dari 3.6 menjadi 3.2, tetapi problemnya adalah masalah Produktivitas mereka, Gaji mereka dibawah. Penurunan Pengangguran ini juga diakibatkan karena semakin terbukanya Lapangan Pekerjaan dengan banyaknya Investasi yang masuk,” jelas Nelson.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda