oleh

360 Pekerja Informal Di Bone Bolango Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

LINTAS BONEBOL (LIGO) – 360 pekerja informal di Kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menerima Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) yang diserahkan langsng oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. Kamis, (11/10/2018) Gedung Serba Guna Desa Duano Kecamatan Suwawa Tengah.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan,  penyerahan kartu BPJS-TK ini membuktikan hadirnya pemerintah daerah untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di daerah ini melalui BPJS-TK.

“Program ini diberikan kepada para pekerja informal guna menjamin keselamatan para pekerja itu sendiri, dan ini merupakan satu bentuk kepedulian Pemkab Bonebol,” ungkap Hamim Pou.

Untuk menjamin keberlanjutan program itu, Pemkab Bonebol tahun depan akan kembali menganggarkan untuk subdisi kartu BPJS-TK tersebut. Sehingga para penerima kartu BPJS-TK tetap terlindungi sepanjang masa.

“Di tahun 2018 ini kami telah mensubsidi sebanyak 8.250 pekerja sektor informal untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS-TK dan tahun depan, kita akan menambah kuota kepesertaan BPJS-TK lagi, dari pekerja sektor informal tersebut. Sekitar 20 ribuan pekerja informal akan kita masukan dan daftarkan di BPJS-TK tahun depan,” terang Hamin Pou.

Lanjut Bupati Bone Bolango ini, Pemerintah Daerah akan menanggung iurannya melalui APBD.

“Biar Pemerintah Daerah yang akan menanggung dan membayar iurannya melalui APBD. APBD adalah uang rakyat, maka saya akan kembalikan kepada rakyat agar masyarakat pekerja informal tetap terjaga dan terlindungi, bilamana terjadi resiko kecelakaan,” tukas Hamim Pou.

Sementara itu Kepala BPJS-TK Cabang Gorontalo Teguh Setiawan menjelaskan, penyerahan kartu BPJS-TK untuk pekerja sektor informal di Kecamatan Suwawa Tengah merupakan program sinergi antara Pemkab Bonebol dengan BPJS-TK Cabang Gorontalo.

Bupati Hamim Pou (tengah, topi putih) foto bersama BPJS-TK Gorontalo dengan Penerima Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja. (foto: hms/kadir)

“Alhamdulillah pak Bupati men-support secara maksimal dan memberikan dukungan terhadap program BPJS-TK ini. Tinggal bagaimana kita sebagai penerima memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Pemkab Bonebol, bekerja dengan BPJS-TK ini secara maksimal. Dengan memahami dan mengerti program-programnya,” jelas Teguh Setiawan.

BPJS-TK Cabang Gorontalo sendiri, lanjutnya akan terus men-support penuh program yang sudah dirintis oleh Bupati Bonebol, Hamim Pou. Apalagi manfaatnya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Bonebol sendiri.

“Mudah-mudahan apa yang sudah diprogramkan oleh pak Bupati Hamim Pou bekerja sama dengan BPJS-TK Cabang Gorontalo ini membawa manfaat untuk kita semua, terutama masyarakat di Bonebol,” tandasnya.

Warga yang menerima kartu BPJS-TK ini merupakan para pekerja yang termasuk dalam kategori non penerima upah atau pekerja informal. Seperti petani, tukang cuci, pengemudi bentor, tukang kayu, tukang batu, tukang tehel, penambang, pemanjat kelapa, penambang pasir, peternak, petani, dan lain sebagainya.

Laporan: Hms Kdr/Mirna Ahaya
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini