oleh

96 Peserta Ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi Disnaker Kabupaten Gorontalo

LINTAS KABGOR (LIGO) – Sebanyak 96 peserta mengikuti pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi. Pelatihan akan berlangsung selama 45 hari mulai dari hari ini, Rabu (04/07). di Balai Latihan Kerja (BLK) Limboto.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo yang didampingi Kepala Dinas Nakertrans Titianto Pauweni.

Dalam sambutannya, Bupati Nelson menyampaikan harapannya kepada peserta agar nanti bisa sukses, bukan hanya dalam mencari pekerjaan tetapi juga mampu membuka lapangan kerja baru.

“Saya berharap pelatihan ini sukses. Sukses itu dapat kita lihat dilapangan. Dan ini saya minta ke Disnakertrans untuk terus dievalusi,” ucap Bupati Nelson

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo Titianto Pauweni menjelaskan, melalui pelatihan yang dilaksanakan oleh pihaknya adalah meningkatkan kualitas mereka sebagai tenaga kerja.

“Jadi kegiatan ini ada 3 kejuruan. Prinsip dasar komputer, menjahit dan perbengkelan. Dari 185 peserta yang mendaftar, setelah kita tes hanya 96 orang yang bisa ikut pelatihan,” ungkap Titianto.

Lanjut Titianto, peserta yang telah berhasil pada pelatihan yang dilakukan sebelumnya, saat ini sudah ada yang berhasil menempati pekerjaan di perusahan Panasonic, dan satu orang telah menadapatkan pekerjaan di Jepang.

“kita tahun lalu menempatkan 20 orang di Panasonic Jakarta, satu orang di Jepang. Dan tahun ini target kami 20 orang langsung ke Jepang sehingga InsyaAllah Januari 2019 sudah ada 21 orang tenaga kerja kita di Jepang,” terangnya.

Sementara salah satu peserta pelatihan tenaga kerja yang diwawancarai Lintasgorontalo Harman Rahman sangat berharap melalui pelatihan yang diikutinya, dirinya lebih gampang mendapatkan pejerjaan.

“Saya ikut di budang kejuruan komputer. Semoga saya bisa dapat pekerjaan layak setelah ikuti pelatihan ini,” tukas Harman.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini