oleh

Alasan Rachmad Gobel Dorong Percepatan Pembangunan Waduk Bulango Ulu

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Di Provinsi Gorontalo potensi Pertanian perlu di dorong untuk menekan Kemiskinan. Untuk mendorong itu, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan Pembangunan Waduk.

Melihat pentingnya Realisasi Waduk bagi Masyarakat Gorontalo, Rachmad Gobel siang tadi, Kamis (14/02) menginisiasi Pertemuan seluruh Pemangku Kepentingan dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Satuan Kerja Balai Wilayah Sungai, untuk mempercepat Realisasi Pembangunan Waduk Bulango Ulu.

Dalam Pertemuan itu, seluruh pihak mencari solusi untuk mengatasi berbagai Kendala dan Tantangan permasalahan Masyarakat, agar solusi yang dihasilkan benar-benar mampu mengharmoniskan kepentingan Masyarakat terdampak, Pemerintah dan seluruh Stakeholder yang berkepentingan dengan Pembangunan Waduk itu.

“Kita sudah merumuskan berbagai rencana solusi yang Insya Allah akan mampu mengharmoniskan kepentingan Masyarakat dan seluruh Pemangku Kepentingan,” kata Rachmad Gobel.

Selain mendorong Sektor Pertanian, Waduk itu kata Rachmad Gobel yang juga mantan Ketua Komunitas Energi Terbarukan Indonesia itu mengatakan, Waduk Bulango Ulu juga akan berfungsi sebagai Sumber Listrik.

“Jadi bukan hanya untuk kebutuhan Pertanian saja, Kita bisa menciptakan Energi Listrik untuk menyuplai Kebutuhan Listrik di Sektor Industri,” kata Rachmad yang menyadari ketersediaan listrik adalah urat nadi bertumbuhnya Industri di Gorontalo, tanpa suplai Listrik yang memadai, Industri Gorontalo tidak akan tumbuh, sementara Industri dibutuhkan untuk menekan Pengangguran melalui Keterbukaan Lapangan Kerja disektor itu.

Baca juga: Mimpi Rachmad Gobel Untuk Pertanian Gorontalo

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi (tengah) bersama Rachmad Gobel (kiri) dan Bupati Bonebol Hamim Pou (kanan). (foto: fb Hamim Pou)

Rachmad Gobel juga menepis kekhawatiran Masyarakat soal kemungkinan negatif yang ditimbulkan oleh keberadaan Waduk itu. Ia meyakinkan bahwa pekerjaan Waduk itu, akan menggunakan Teknologi Konstruksi yang baik dan modern.

“Itulah mengapa Kita juga mengundang Kejati dalam Pertemuan ini, tujuannya agar Kita sudah bisa memetakan Potensi Permasalahan dan cara untuk mengantisipasi Permasalahan yang bisa menyebabkan Pembangunan Waduk itu terganggu” kata Rachmad yang kini dipercayakan Presiden Jokowi sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Jepang.

Pembahasan progres Pembangunan Waduk Bulango Ulu ini selain di hadiri oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Satuan Kerja Balai Wilayah Sungai, Bupati Hamim Pou, juga hadir Kajati Gorontalo, Ketua DPRD Bone Bolango dan Kajari Bone Bolango.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini