oleh

Anggaran Dana Desa Harus Dimanfaatkan, Di Kabgor Ini Total Anggarannya

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Besarnya Anggaran Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah kepada Pemerintah Desa harus dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini tentu seiring dengan Tujuan Otonomi Desa itu sendiri.

Dengan Anggaran Dana Desa yang tidak sedikit tersebut, Pemerintah Desa memiliki tanggung jawab atas pembangunan dan kebutuhan masyarakatnya.

Di Kabupaten Gorontalo sendiri, seluruh Anggaran Dana Desanya mencapai 213 Milyar 867 Juta  281 Ribu Rupiah. Ini bukanlah anggaran yang sedikit. Namun besarnya Anggaran Desa ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah untuk melakukan Pembangunan yang dipusatkan di Desa.

Dana tersebut dibagikan kepada Desa sesuai porsi anggaran yang dibutuhkan oleh Desa. Dengan Dana ini, masyarakat harus turut terlibat mengawasi dan mengusulkan hal-hal yang akan di bangun dengan Anggaran itu.

Namun masyarakat juga harus tahu bahwa Anggaran Dana Desa tidak diberikan sekaligus kepada Pemerintah Desa, melainkan ada tahapan-tahapannya. Dan untuk Tahun 2019 ini, pencairannya sudah akan memasuki Tahap ke-2.

“Tahap ke-2 masih menunggu transferan RKUN ke RKUD dan paling lambat 1 minggu sudah harus Kita transfer ke Desa,” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Gorontalo, Dra. Dewi Masita Usman.

Dia juga menyebut, Desa yang memiliki Anggaran Dana terbesar di Kabupaten Gorontalo yaitu Desa Kayu Merah, Kecamatan Bongomeme.

“Anggaran Dana Desanya mencapai 1 Milyar 554 Juta Rupiah,” ucap Dewi Masia Usman

Dewi berharap besarnya Anggaran Dana Desa yang diberikan Pemerintah Pusat itu harus benar-benar dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa. Namun yang paling penting Pengelolaan Keuangan Desa juga harus transparan kepada masyarakat.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini