oleh

Anggota Dewan se-Gorontalo Dibekali Pengetahuan Nilai Pancasila

POLITIK (LIGO.id) – Dalam menjalankan tugas sebagai Wakil Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) harus mampu mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam merumuskan suatu Kebijakan. Sebab Nilai Pancasila menjadi Pedoman Bangsa menuju Indonesia yang bermartabat, berdaulat  secara ekonomi, politik dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini ditekankan utusan Kementerian Dalam Negeri, Muhadam Laboli, saat memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Orientasi kepada Anggota DPRD Kabupaten-Kota se-Provinsi Gorontalo, Selasa (15/10), di Grand Q Hotel Gorontalo.

“Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam kinerja Dewan Perwakilan Rakyat sangat penting, terutama dalam hal Kebijakan dan Pembangunan Daerah, karena Pancasila menjadi Dasar dan Ideologi Indonesia dalam bertindak, ini semua adalah upaya agar bisa mencapai Indonesia yang bermartabat, berdaulat secara ekonomi, politik dan kesejahteraan rakyat,” kata Muhadam dalam materinya.

Pada kesempatan sama, Kepala Badan Diklat Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, sekaligus Koordinator dalam kegiatan tersebut, mengatakan bahwa target dilaksanakannya Diklat Orientasi untuk DPRD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Gorontalo, agar Anggota DPRD paham dengan fungsi-fungsinya sebagai Dewan Perwakilan Rakyat.

“Target Kita agar Anggota DPRD yang terpilih Kabupaten dan Kota punya Pemahaman dan Penguatan terkait Tugas Fungsi Mereka, setelah Mereka selesai dilantik Mereka paham dengan Fungsi-Fungsi Mereka melalui materi-materi yang Mereka terima dalam Diklat ini,” ungkap Sofian.

Anggota DPRD Kabupaten-Kota se-Provinsi Gorontalo mengikuti Diklat Orientasi Anggota DPRD

Sementara itu Anggota DPRD Kota Gorontalo sekaligus Peserta Diklat Ariston Tilameo menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Diklat tersebut, Ariston mengganggap, Diklat seperti ini sangat membantu Dewan untuk menjalankan tugas sebagai Anggota DPRD dan fungsi-fungsinya lebih baik lagi.

“Dengan adanya Orientasi ini DPRD dalam melaksanakan Tugas dan menjalankan fungsi-fingsinya itu bisa dilakukan dengan baik,” ungkap Ariston. (*A03).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini