oleh

Aplikasi Donor Darah Blod Id Hadir Di Gorontalo

LINTAS TEKNOLOGI (LIGO) – Aplikasi donor darah Blod Id telah hadir di Gorontalo. Aplikasi yang dirilis pada 13 Juni 2018 merupakan sebuah start up yang mempermudah dan menyediakan layanan penghubung bagi relawan dan pencari donor darah.

Blod Id merupakan aplikasi yang dibuat dengan dana donasi dan swadaya dari masyarakat melalui carelaig.com. Pembuatan aplikasi ini pun disambut positif oleh masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi ini.

Kekurangan jumlah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan awal dari pembuatan aplikasi ini. Berdasarkan standar WHO jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong yang pertahun (2% jumlah penduduk Indonesia) sedangkan produksi darah dan komponennya saat ini sebanyak 4,6 juta kantong dari 3,05 juta donasi, sebanyak 86,20% diantaranya berasal dari donor darah sukarela. (sumber : depkes.go.id tahun 2016)

Eko Putra Nasaru selaku founder mengatakan melalui fitur-fitur yang ada di Blod Id kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang dapat membantu para user dalam mencari pendonor dan menjadi relawan donor darah.

“Kami pun berupaya di setiap fitur yang ada pada Blod Id sebagai bentuk upaya serta dukungan dari kami dalam meningkatkan jumlah relawan donor darah dimana hal ini dapat membantu peningkatan jumlah kantung darah yang tersedia di Gorontalo” kata Eko Putra Nasaru.

Dijelaskan Eko berbagai fitur yang ada pada Blod Id yaitu fitur notifikasi dimana para relawan yang telah terdaftar akan mendapatkan informasi terkini jika ada yang membutuhkan darah, selain itu fitur chat yang akan mempermudah komunikasi antar relawan dan pencari donor darah, cek status dimana para pencari donor dapat melihat proses pencarian relawan donor darah yang diajukan, untuk memantau progres donor darah rutin.

“Kami menyediakan fitur ini untuk mereka yang sering jadi relawan donor darah di PMI setiap 3 bulan, nantinya aplikasi ini akan menjadi pengingat /reminder untuk mendonorkan darahnya,” ungkap Eko.

Bagi pengguna Android, untuk mendapatkan aplikasi Blod Id ini dapat di download melalui google playstore atau melalui link http://bit.ly/blod_id, kedepan aplikasi ini akan hadir pada platform lainnya untuk memperluas akses layanan kepada masyarakat.

Laporan : Iyas/Rilis Eko Putra Nasaru
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini