oleh

Bagikan 204 PTSL, Darwis Moridu: Ini Wujud Nyata Kepedulian Pemerintah

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan satu inovasi yang dilakukan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam Kepemilikan Tanah.

Hal itu disampaikan Bupati Darwis Moridu saat menyerahkan Sertifikat Tanah PTSL sebanyak 204 Bidang  Sertifikat di Desa Tabongo. Aula Kantor Desa Tabongo Kecamatan Dulupi. Kamis (04/04/2019).

“Program ini beda dengan Prona yang pelaksanaannya bersifat Sporadis atau Bidang Perbidang sehingga target yang di berikan pada tiap-tiap Kabupaten terbatas sedangkan PTSL Program Sertifikasi Tanah Sistematis Lengkap di mana dilakukan pengukuran dan pengumpulan Data Yuridis pada satu Desa lengkap dengan jumlah target yang cukup besar.” ujar Darwis Moridu.

“PTSL sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Boalemo untuk memberikan suatu Tanda Bukti atas kepemilikan tanah sendiri.” sambungnya.

Sementara Kepala BPN Tilamuta, Purnama Siboli dalam laporannya menyatakan bahwa sebaran PTSL sejak Tahun 2018 ke Tahun 2019 terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya hanya 15 Desa, kini Tahun 2019 menjadi 82 Desa yang datanya masih sementara dikumpulkan.

Bupati Darwis Moridu Foto Bersama Para Penerima Sertifikat Tanah PTSL

“PTSL Tahun 2018 tersebar di 15 Desa di Kabupaten Boalemo dengan Jumlah 4500 Bidang Tanah, kemudian untuk Tahun 2019 jumlah PTSL 11.742 Bidang yang tersebar di 82 Desa se-Kabupaten Boalemo dalam Tahap Penyuluhan dan Pengumpulan Data.” kata Purnama Siboli.

Pada kegiatan yang juga dihadiri Kepala-Kepala OPD dan masyarakat Penerima Bantuan dan Penerima Sertifikat Tanah itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu juga menyerahkan Pakaian Adat kepada Pemangku Adat Kecamatan Dulupi dan Beras Raskin kepada masyarakat Prasejahtera.

Laporan: Mukrin Laete
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini