oleh

BAPPEDA Bone Bolango Maksimalkan Pendataan Orang Miskin Dan Tidak Mampu

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Untuk maksimalkan pemutakhiran Basis Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu di Bonebol, BAPPEDA Bone Bolango lakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pada Petugas Pendaftar dan Petugas Entri Pendaftaran, Ahad (09/12) Amaris Hotel Kota Gorontalo.

Bimtek ini di ikuti oleh 165 Petugas Pendaftar dari 160 Desa dan 5 Kelurahan di Bone Bolango yang di bagi menjadi 5 Kelas, dan dilaksanakan dari 03 Desember sampai Senin (10/12).

Kepala BAPPEDA Bone Bolango Iwan Mustapa, S.E., M.Si., M.A., melalui Kepala Bidang Sosial Budaya Slamet Warjoko Hulopi mengatakan, pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT),  ini bertujuan untuk mendata Masyarakat yang berstatus Miskin dan Kurang Mampu, untuk dimasuk  kan dalam BDT.

“Selain itu, sasaran dari Pendataan ini adalah mendata Masyarakat yang sudah masuk dalam BDT, namun ada Perubahan Status. Baik status Sosial, Ekonomi, Pindah Rumah atau Keluarga Bertambah, jadi akan dimasukkan dalam Pendataan ini,” tutur Slamet.

Untuk menilai Masyarakat Miskin atau Kurang Mampu, Petugas Pendaftar telah dibekali hal-hal yang akan dinilai dari Masyarakat saat melakukan Pendataan.

“Indikator yang akan di nilai diantaranya, dari Status Kepemilikan Rumah, Bahan Bakar Yang Dipakai, Pekerjaan, Kepemilikan Jamban dan Kepemilikan Listrik yang berada di rumah Warga tersebut,” terang Slamet.

Rencananya, setelah lakukan Bimtek ini seluruh Petugas akan mulai melakukan Pendataaan pada Senin (17/12), namun sebelum melakukan Pendataan, terlebih dahulu Petugas Pendaftar ini akan di-Launching oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

Bimtek Petugas Pendaftar BDT oleh BAPPEDA Bone Bolango

Melalui Pendataan ini, Pemerintah Bone Bolango berharap Akurasi Data yang didapatkan oleh Petugas di lapangan sangat akurat, sehingga Masyarakat yang belum termasuk dalam Basis Data Terpadu dapat di cover.

“Yang Kami harapkan Data yang didapatkan itu Akurat, sehinggga Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu di Bone Bolango itu dapat di Cover,” harap Slamet.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini