oleh

Bappeda : SIPD Penting Untuk Evaluasi Pembangunan Daerah

LINTAS KABGOR (LIGO) – Pentingnya Pendataan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebagai Penghubung Informasi Pembangunan Daerah kepada Pemerintah Pusat yang secara Online terkoneksi dengan Pemerintah Pusat oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui BAPPEDA, terus disosialisasikan kepada Aparatur Perencanaan/Petugas SIPD, Senin (10/12) BAPPEDA Gorontalo.

Hal tersebut dilakukan agar terciptanya Pemahaman Teknis terkait Pengoperasian SIPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Gorontalo, sehingga proses Updating Data Pembangunan dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Kepala BAPPEDA Kab. Gorontalo Cokro Katili mengakui, salah satu persoalan yang dihadapi dalam tahapan Pendahuluan Monitoring dan Evaluasi program pembangunan daerah oleh Pemerintah Pusat adalah tidak terintegrasinya dengan baik Program-Program yang dijalankan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat, Sehingga terkadang Pemerintah Pusat menilai Pemda tidak respon terhadap arah kebijakan Program Prioritas Pemerintah Pusat.

“Sehingga pada kesempatan ini kami melaksanakan Sosialisasi Penginputan SIPD, Teknologi SIPD sangat penting dan diperlukan untuk mengevaluasi Program Pemerintah, seperti Program Kerja yang tertuang dalam RPJMD,” ujar Cokro.

Sosialisasi Penginputan SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) Kabupaten Gorontalo

Lebih jauh Cokro menerangkan Pemuktahiran Data dengan SIPD tentunya akan men-support Keakuratan Data dan Informasi, sehingga data Kebijakan Pemerintah mulai dari tingkat Provinsi, Pemerintah Kabupaten, sampai tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan SIPD ini kami Pemerintah berharap Data yang disajikan di seluruh tingkat Pemerintahan di Kabupaten Gorontalo dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.

Laporan: Agung Julianto
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda