oleh

Bawaslu Gorontalo Lahirkan Rekomendasi Pengawasan Partisipatif

POLITIK (LIGO.id) – Dengan melibatkan Media Massa, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, Organisasi Masyarakat dan Pegiat Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo rumuskan Poin-Poin Rekomendasi Susunan Model Pengawasan Partisipatif untuk menyambut Pemilihan Kepala Daerah di Tiga Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo.

Rekomendasi tersebut sedikitnya memuat 12 Poin penting diantaranya yaitu, Pembuatan Forum-Forum Diskusi Pemantau Pemilu yang aktif dalam masyarakat dan di Media.

Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Provinsi Gorontalo, Ahmad Abdullah, Kamis (17/10) menyampaikan, Perumusan Rekomendasi untuk Model Pengawasan Partisipatif tersebut selain menjadi Program Bawaslu, juga akan dikirimkan ke Pusat untuk menjadi Bahan Pertimbangan dalam menghadapi Pilkada di Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango.

“Rekomendasi ini nantinya akan Kita kirim ke Pusat, karena selain Program Bawaslu, ini juga akan menjadi Bahan Pertimbangan untuk persiapan Pilkada, di Kabupaten Pohuwato, Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo,” ungkap Ahmad.

Merespon apa yang disampaikan oleh Kordiv Sengketa Bawaslu tersebut, Fitri Usman sebagai perwakilan Organisasi Mahasiswa yang ikut dalam Penyusunan Rekomendasi, mengatakan bahwa, Bawaslu harus turun ke masyarakat ditingkatan Desa untuk mensosialisasikan hasil dari Rekomendasi tersebut.

“Kalau bisa setelah ini, apa yang menjadi poin-poin yang ada di dalam Rekomendasi ini, disosialisasikan oleh Bawaslu ke masyarakat ditingkatkan Desa” kata Fitri. (*A03).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini