oleh

Bawaslu Provinsi Gorontalo Gelar Training Of Trainer

LINTAS PEMILU (LIGO) – Menjelang Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Kabupaten Kota pada 17 April 2019 mendatang, Bawaslu Provinsi Gorontalo melaksanakan Training Of Trainer (TOT) Pengawas TPS dan Saksi Peserta Pemilu bagi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo yang dibuka hari ini, Jum’at (15/3) di Hotel Damhil.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin Umar pada kesempatan itu mengatakan, dengan dilaksanakannya Traning Of Triner (TOT) sekiranya bisa diikuti dengan baik agar bisa makasimal dan bisa disampaikan ke TPS di Desa nanti.

“Dengan waktu yang hanya 2 hari ini, semuanya harus maksimal dalam mengikuti kegiatan ini. Setelah ini akan ada Bimtek lagi. Dan saya yakin apa yang disampaikan hari ini akan sama dengan apa yang nanti tersampaikan di TPS,”ungkap Jaharudin.

Dikesempatan yang sama, Idris Usuli selaku Komisioner Bawaslu Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa Training Of Trainer ini juga sebagai Bimtek Pungut-Hitung. Dimana nanti setelah Bawaslu Kabupaten/Koa ini mengikuti Bimtek, maka selanjutnya mereka nantinya akan memberikan pula Bimtek pada Panwascam dan Panwascam akan memberikan Bimtek pada PTPS dan Saksi di masing-masing Desa.

“Kebetulan ini adalah Bimtek Pungut Hitung yang kami berikan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota. Setelah dari sini mereka akan melanjutkan Bimtek sampai ke Tingkat Desa,”pungkas Idris.

Lanjutnya, dengan dilaksanankan Bimtek Pungut-Hitung ini Bawaslu Kabupten/Kota mulai menegtahui beberapa koreksi yang terkadang terjadi di TPS seperti diantaranya ada Pam TPS yang mondar-mandir, Peserta Pemilih yang lupa mencelupkan tangannya ditinta dan lain sebagainya.

“Ini menjadi koreksi bagi teman-teman Panwas misalnya ada Pam TPS yang kesana kemari kemudian ada teman-teman masuk tanpa izin dari Pam TPS, ada yang lupa menyelupkan tanganya ditinta. Maka di Bimtek ini menjadi koreksi kita bersama,”ujar Idris.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 15 sampai 16 Maret 2019. Hari pertama, Jum’at Peserta mengikuti Bimtek Pungut-Hitung. Dan di hari terakhir akan diputarkan video Pemungutan Suara.

Laporan : Mirnawaty Ahaya
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda