oleh

Berkunjung Ke Dekopinwil Jatim, BP-PIP Gorontalo : Akan Ada Kerjasama

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Guna memaksimalkan kembali peran dan fungsi Pusat Informasi Perkoperasian, Kepala Perwakilan Badan Pengelola Pusat Informasi Perkoperasian (BP-PIP) Provinsi Gorontalo Alan Pakaya melakukan kunjungan ke Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Alan menjelaskan bahwa Media Pipnews yang ada di BP-PIP hampir dua tahun tidak lagi melakukan Publikasi untuk Gerakan Koperasi. Padahal menurut Alan, Koperasi harus selalu diberitakan terutama soal Kegiatan dan Prestasinya.

“Kita tahu Koperasi ini kan banyak yang menilai negatif, bahkan dipandang sebelah mata saja. Koperasi butuh Media untuk memberitahukan kepada Publik bahwa Koperasi itu adalah Lembaga yang mampu memberikan kontribusi besar dalam peningkatan ekonomi daerah bahkan menekan Angka Kemiskinan dan Pengangguran,” ungkap Alan saat di wawancarai via telpon, Rabu (7/8/219).

Alan menerangkan bahwa Dekopinwil Jawa Timur melalui BP-PIP-nya sampai saat ini masih eksis dalam Pemberitaan Koperasi, bahkan Media Pipnews Jawa Timur sudah sangat besar dan itu dikelola secara mandiri oleh Dekopinwil. Sehingganya ia memilih Jatim sebagai Daerah Perbandingan.

“BP-PIP ini kan Saya tahu hampir seluruh Indonesia sudah tidak aktif, yang masih aktif dan eksis memberitakan Koperasi itu salah satunya di Jatim. Saya mau belajar bagaimana caranya mereka bisa bertahan tanpa ada Anggaran dari PIP Pusat. Dulu itu semua Berita Koperasi Daerah masuk ke PIP Pusat, tapi sekarang tidak lagi. Oleh karena itu Saya ingin menjadi seperti Mereka yang berdiri sendiri tanpa mengharapkan Anggaran Pusat,” kata Alan.

“Kunjungan ini juga sudah melalui Pembahasan para Pimpinan Dekopinwil dan Alhamdulillah Saya dapat dukungan dari Ketua dan Sekretaris Dekopinwil,” tambahnya.

Kepala BP-PIP Dekopinwil Gorontalo lakukan kunjungan ke Dekopinwil Jawa Timur

Lebih lanjut Alan menyampaikan BP-PIP Jatim dan Gorontalo ke depan akan melakukan kerja sama dalam hal Diklat Jurnalistik untuk Gerakan Koperasi.

“Ada beberapa hasil dari kunjungan Saya ke Dekopinwil salah satunya Kami akan bekerja sama dalam hal Pelatihan Penulisan Berita bagi Gerakan Koperasi. Sebenarnya itu hanya untuk lingkup se-Jawa Timur, tapi Mereka menawarkan Gorontalo akan jadi Daerah Pertama di Luar Jawa yang akan ikut Diklat yang Mereka selenggarakan. Jadi yang akan ikut nanti ada semua Gerakan Koperasi termasuk Dekopinda Kabupaten/Kota. Dengan harapan semua Gerakan Koperasi sudah bisa menulis berita, setelah itu Berita akan di-publis lewat BP-PIP,” terang Alan. (E02).

Editor: Najid

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini