oleh

Bertemu Chief Cabinet Ministry Jepang, RG Mantapkan Kerjasama Berbagai Sektor

LINTAS JEPANG (LIGO) – Sebagai tindak lanjut Pembahasan Kerja Sama antara Jepang-Indonesia tentang pengiriman Petani Muda Gorontalo ke Negara Jepang yang terkenal dengan sebutan Nipon (Matahari Terbit) itu, Rachmad Gobel sebagai Utusan khusus Presiden RI untuk Negara Jepang bertemu dengan Chief Cabinet Ministry, di Jepang (19/2/19).

Sebelumnya (18/1/19), Rachmad Gobel dijamu Sekretaris Jenderal Liberal Democratic Party (LDP) Mr. Toshihiro Nikai dan Mr. Yasutoshi Nishimura, Deputy Chief Cabinet Secretary/Special Advisor to LDP serta dihadiri Gubernur Ehime.

Dalam pertemuan itu, ada banyak hal yang dibahas, seperti kerjasama di sektor Pendidikan, Pelatihan Tenaga Kerja, Pariwisata, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan.

Menariknya, Pemerintah Jepang bersedia memberi kesempatan kepada para Petani Muda Gorontalo untuk belajar Teknologi Pertanian Modern di Negara Industri tersebut. Bahkan Jepang telah menyiapkan Tenaga Ahli di bidang Pertanian untuk dikirim ke Gorontalo.

Kesepahaman yang melibatkan Daerah Gorontalo itu, bertujuan meng-upgrading skill Petani Gorontalo, sehingga hasil Produksi Pertanian meningkat dari biasanya.

“Saya sengaja masukannya Agenda Pembangunan Gorontalo dalam Pembicaraan Diplomatik antara Indonesia-Jepang,” tutur Rachmad Gobel.

Rachmad Gobel bersama Chief Cabinet Ministry dan Gubernur Ehime

Pengusaha sukses ditingkat Internasional asal Gorontalo itu mengatakan, akan membantu Pemerintah Daerah menurunkan Angka Kemiskinan, melalui peningkatan SDM petani, dan mendorong sektor lainnya yang memiliki efek terhadap peningkatan pendapatan masyarakat Gorontalo.

“Saya lakukan ini untuk membantu Pemerintah menghapus predikat Gorontalo sebagai Provinsi dengan jumlah penduduk miskin terbanyak, dengan ranking masuk sepuluh besar di Indonesia”, ungkap Rachmad Gobel.

Agenda lain, yang dibahas pada kesempatan itu, diantaranya kerjasama Penelitian Chuo University dengan Universitas di Indonesia. Ditambah dengan Program Pertukaran Mahasiswa dan Pemberian Beasiswa. Rachmad Gobel pun, berupaya mencantumkan Universitas di Gorontalo dan Universitas Dharma Persada menjadi partner kerja Chuo University dalam Program Pengembangan Riset dan Teknologi tersebut.

Laporan: Jaringan Berita SMSI
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini