oleh

Bimtek SDM Kepariwisataan, Kabid Ekraf : Disektor Pariwisata, SDM Dan SDA Paling Penting

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Setelah kemarin melaksanakan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan dan Pengelolaan Homestay, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melalui bidang ekonomi kreatif kembali melakukan Bimtek Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan Food And Beverage Service di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Kamis (19/07/2018).

Kegiatan diikuti oleh Dinas Pariwisata Se-Provinsi Gorontalo, pelaku usaha rumah makan, restaurant dan pelaku usaha perhotelan se-Provinsi Gorontalo.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dr. Ir. Nancy Lahay, MP melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Ir. Sila Botutihe, M.Si. menyampaikan, dalam dunia kepariwisataan ada dua hal yang sangat penting yaitu SDM dan SDA.

“Peningkatan SDM kepariwisataan ini sangat penting. SDM kepariwisataan juga menurut kami ada 2 aspek yaitu pelaku pariwasata dan pekerja pariwisata. Pelaku pariwisata lebih identik dengan turis atau wisatawan, sementara untuk pekerja pariwisata adalah para pelaku usaha restaurant, hotel dan lain sebagainya yang menjadi pusat perhatian Dinas pariwisata untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepariwisataan. Hal ini juga merupakan tanggung jawab kami Dinas Pariwisata untuk meningkatkan profesionalisme dari pada SDM pekerja di sektor kepariwisataan,” ungkap Sila Botutihe.

Lebih lanjut Sila menuturkan salah satu kelebihan sektor kepariwisataan adalah yang apa bila dikelola sumber dayanya, tidak akan pernah habis. Berbeda dengan sektor lainnya yang semakin dikelola semakin berkurang.

Dirinya juga pada kegiatan tersebut membacakan secara langsung pesan Kepala Dinas Nancy Lahay untuk para peserta kegiatan.

“Jadikan tamu sebagai raja yang harus terlayani dengan maksimal, berikan pelayanan dengan sebaik-baiknya agar tamu merasa puas dan ingin kembali ke Gorontalo karena pelayanan maksimal yang diberikan oleh pelaku usaha di Gorontalo,” ucap Sila sambil membaca pesan Kepala Dinas.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek SDM kepariwisataan yang juga pelaku usaha rumah makan di Kota Gorontalo, Dita Anggriani Polapa mengaku sangat terbantukan dengan Bimtek yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

“Ini sangat bagus karena kita tidak bisa pungkiri bahwa SDM kepariwisataan dan kuliner di Kota Gorontalo itu sangat minim, sehingga dengan kegiatan ini sangat membantu kami pelaku usaha untuk mengetahui bagaimana memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan yang datang ke Gorontalo,” tukas Dita.

Dita Anggriani Polapa Salah Satu Peserta Bimtek Yang Juga Memiliki Usaha RM. Ainun Terapung Di Kota Gorontalo.

Kepada Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Dita Anggriani Polapa berpesan agar Dinas Pariwisata secara berkelanjutan melakukan kegiatan peningkatan SDM kepariwisataan.

“Jangan bosan-bosan melaksanakan kegiatan seperti ini, kalau bisa kedepan bukan hanya kami pemilik usaha yang diberikan pelatihan, tetapi kalau bisa pekerja-pekerja kami yang diberikan pengatahuan dengan mempraktekannya langsung agar mereka juga tahu cara melayani tamu yang baik,” harap Dita.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini