oleh

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Masuk Kategori “Sangat Mudah Terbakar”

LINTAS PERISTIWA (LIGO) – Sebagian wilayah Indonesia alami Bencana Kekeringan, ini dikatakan Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Supari. Menurutnya Kekeringan terjadi di Jawa, sebagian besar Sumatera, dan Kalimantan. Dia menambahkan sepanjang pertengahan bulan ini di Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, kondisi curah hujan di bawah normal.

Selama bulan ini, 88 Persen wilayah di Indonesia sudah memasuki Musim Kemarau. Musim kemarau tersebut tersebar di Sumatera, Jawa, hampir seluruh Nusa Tenggara, Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi, dan sebagian Papua. Secara umum, curah hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia sepanjang Agustus dibawah normal. Bahkan hingga kemarin (Rabu, 31/07), selama 137 hari Nusa Tenggara Timur adalah daerah yang paling lama tidak diguyur hujan.

“Wilayah-wilayah yang memiliki Kategori Sangat Mudah Terbakar mulai dari Aceh, Riau, Jambi, Sumatera (Selatan), Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan, Jawa, hingga NTT. Selama bulan Juli curah hujan umumnya di bawah normal, utamanya terjadi di sebagian besar wilayah selatan, mulai dari Sumatera bagian selatan, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali,” ujar Supari.

Agus Wibowo mengatakan Kekeringan sudah terjadi di Jawa Barat, Banten, Jawa tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur. Sampai saat ini, lanjutnya, Kekeringan terjadi di 2.347 Desa dari 95 Kabupaten di Tujuh Provinsi.

Masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menyalurkan air bersih, khususnya air minum, ke wilayah-wilayah yang mengalami Kekeringan tersebut. Jumlah air bersih sudah dipasok sebanyak 28 juta liter.

Sementara Kebakaran Hutan Dan Lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan setiap Musim Kemarau memicu kiriman asap ke negara tetangga Malaysia dan Singapura(voa/A02)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini