oleh

BNPB Nyatakan 6 Provinsi Darurat Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan

LINTAS PERISTIWA (LIGO) – Enam Provinsi sudah menyatakan Siaga Darurat Bencana Karhutla (Kebakaran Hutan Dan Lahan). Ini disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam Jumpa Pers di Kantor BNPB. Jakarta, Rabu (31/7).

Plh Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo menyatakan, pada Musim Kemarau tahun ini keenam Provinsi tersebut menjadi fokus pemerintah untuk menangani bencana Kebakaran Hutan dan Lahan karena memiliki lahan gambut yang luas.

“Yang menyatakan Siaga Darurat sudah ada Enam (Provinsi), Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimanatan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Mereka sudah menyatakan Siaga Darurat Bencana Karhutla (Kebakaran Hutan Dan Lahan). Yang paling terakhir menyatakan siaga darurat adalah Jambi, tanggal 23 Juli kemarin,” ujar Agus.

Total pasukan yang diterjunkan untuk mengantisipasi dan menangani Kebakaran Hutan dan Lahan di Enam Provinsi tersebut berjumlah 5.679 Personil. Dengan masing-masing target dari keenam Provinsi itu akan mendapat bantuan 1.512 Personil, yang terdiri dari Seribu Personil TNI, 200 dari Polri, dan sisanya dari BPBD serta masyarakat.

Agus menambahkan, Pasukan tersebut akan bertugas berpatroli, dan jika menemukan Titik Api, mereka akan ikut memadamkan. Selain itu, Ribuan Personil itu juga akan mensosialisasikan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan dan akan disebar ke Desa-Desa dan menginap di Rumah Penduduk.

Upaya lain Pemerintah adalah dengan mengerahkan Helikopter Penyiram Air. Seperti yang dilakukan di wilayah Riau ada 17 Helikopter Penyiram Air, karena hingga Rabu pagi kemarin Provinsi Riau adalah yang paling banyak Titik Api, tercatat ada 115 Titik Api di Riau.(voa/A02)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini