oleh

Bonus Demografi, Nelson Jadikan Anak Muda Produktif Dan Kreatif

KABGOR (LIGO.id) – Pada tahun 2030-2040 nanti, Indonesia diperkirakan akan mengalami Bonus Demografi, yakni masa Usia Muda Lebih Banyak yang Produktif dibanding Usia Tua.

Bonus Demografi ini sendiri menjadi tantangan bagi Pemerintah. Sebab, bila kurangnya Lapangan Pekerjaan yang disediakan, Bonus Demograif bisa jadi berubah menjadi Beban Demografi. Masalah inipun menjadi salah satu poin yang disampaikan Jokowi, usai dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia, Periode 2019-2024. Ahad (20/10).

Seiring dengan penyampaian Presiden Jokowi yang memikirkan peluang Bonus Demografi kedepan, Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo memiliki Solusi untuk menjawab Peluang Demografi, yaitu dengan mendorong Usia Muda Gorontalo agar lebih Produktif.

Caranya kata mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo itu, dengan menjadi Anak Muda-Usia Muda menjadi objek Program Ekonomi Kreatif (Ekraf). Menurutnya, Ekraf menjadi gerakan cepat untuk meningkatkan Ekonomi lebih cepat.

Disamping itu kata Nelson, Pemuda di Gorontalo juga harus lebih kreatif dalam memanfaatkan Peluang dan Ruang-Ruang yang telah disiapkan oleh Pemerintah.

“Yang paling besar kreativitasnya itu adalah Anak-Anak Muda. Karena Mereka punya Idealisme, punya Semangat, Pengetahuan, Pemahaman bahkan mereka punya Energi. Maka Ruang itu yang harus Kita berikan, hari ini Kabupaten Gorontalo, banyak tumbuh kreasi-kreasi baru,” ungkap Nelson, Ahad (20/10) usai menghadiri Milad Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Gorontalo.

Dengan tumbuhnya Kreasi dan Kreatifitas baru, tambah Nelson akan memberikan dampak pada Pendapatan (Ekonomi) Anak Muda. Karena menurut Dia ini tidak sekedar Talenta tapi juga Pendapatan. Selain itu juga akan mendorong hal-hal Positif dan mengurangi Tindakan Negatif yang biasa dilakukan Anak Muda.

“Jadi Negatif berkurang, Mereka harus di dorong untuk berkreasi,” tambah Nelson.

Untuk mendorong Anak Muda di Kabupaten Gorontalo agar lebih Produktif dalam menghadapi Bonus Demografi, Nelson dalam waktu dekat akan menjadikan Kecamatan Limboto yang merupakan Pusat Kabupaten Gorontalo, menjadi Kota Ekonomi Kreatif.

“Saya berharap para Kawula Muda lebih memanfaatkan  Peluang ini dengan baik,” harap Nelson.(*B02).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini