oleh

BPBD : Gorontalo Potensi Tsunami

LINTAS PEMPROV (LIGO) – Provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah yang termasuk di daerah rawan Bencana Gempa dan Tsunami. Hal ini diungkap Isnandar, Kepala Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Gorontalo, Senin (03/12).

“Gorontalo merupakan daerah yang rawan Bencana, untuk itu perlunya Kesiapsiagaan dalam menghadapai Bencana, terutama Bencana Gempa dan Tsunami. Kondisi ini mendorong Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk melakukan Pencegahan” kata Isnandar.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo Sumarwoto M.Sc, menjelaskan bahwa menurut Statistik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bencana yang paling banyak di alami Gorontalo adalah Bencana Banjir. Sedangkan Bencana Longsor, Kebakaran dan Gempa Bumi tidak terlalu dominan. Tetapi Bencana Gempa dari Statistik BMKG Stasion II Geofisika Gorontalo dalam setahun Gempa yang dialami kurang lebih 2000 Gempa dengan kekuatan di bawah 5 Magnitudo yang tidak menimbulkan Potensi Signifikan, sehingga di darat tidak merasakan getarannya.

“Statistik yang disampaikan BMKG dalam satu tahun itu, Gempa yang ada di Gorontalo itu ada sekitar 2000 Gempa. Jadi satu tahun sebenarnya Gorontalo terjadi Gempa 2000 kali, Cuma skalanya di bawah, sehingga tidak terdeteksi (tidak merasakan gempa didarat)” jelas  Sumarwoto dalam rapat Kontijensi bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Dirinya mengungkapkan, sebagai Daerah Rawan Bencana, di Gorontalo tidak  menutup kemungkinan bisa terjadi Tsunami di Pesisir Utara dan Selatan Gorontalo. Hal inilah yang mendorong BPBD menyusun Rencana Mitigasi yang dapat diimplementasikan pada Tahun 2019, baik itu pembuatan Posko Ruangan maupun Posko Lapangan sehingga akan tampak jelas saat terjadi Bencana.

Rapat Kontijensi di Aula Kantor BAPPEDA Provinsi Gorontalo. Senin (03/12)

“Dengan begitu nanti akan tergambar jelas kalau ada Bencana. Siapa berbuat Apa, Di Mana, Kapan kemudian prosesnya Bagaimana. Itu sudah kita sepakati bersama-sama. Setelah itu kita sepakati, maka akan jelas menjadi tanggung jawab kita bersama dan masyarakat itu bisa cepat responnya dalam memberikan bantuan” pungkasnya.

Laporan: Elias
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda