oleh

Buka Festival Tumbilotohe, Gubernur Minta Masyarakat Untuk Terus Menjaga Tradisi Warisan Leluhur

LINTAS RAMADHAN (LIGO) – Pelaksanaan Festival Tumbilotohe resmi digelar. Ini seiring dengan pemasangan lampu pelita oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di halaman Rumah Dinas Gubernur. Pada kesempatan itu, Gubernur Rusli Habibie didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie, juga pimpinan OPD dilingkungan kerja Pemprov Gorontalo.

Dalam pelaksanaan Tumbilotohe (Pasang Lampu) Gubernur melakukan kunjungan kebeberapa tempat, salah satunya Lapangan Ippot Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Hadir pula di lokasi tersebut Kepala Dinas Pariwista Provinsi Gorontalo Nancy Lahay.

Kedatangan Gubernur Rusli Habibie dilapangan Ippot Tapa mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang hadir di lokasi tersebut. Kepada masyarakat, Gubernur dua periode ini berpesan untuk terus melestarikan tradisi Tumbilotohe. Dirinya pun bercerita pada masa lalu, sebelum adanya minyak tanah, masyarakat Gorontalo telah tesbiasa dengan menggunakan minyak kelapa dan jugu buah pepaya untuk merayakan Tumbilotohe.

Selain bercerita singkat tentang Tumbilotohe, Gubernur Rusli Habibie memberikan pertanyaan sebagai kuis kepada masyarakat yang hadir. Pertanyaan pun seputaran program Kepemimpinanya bersama Wakil Gubernur Idris Rahim selama dua periode ini.

Ramainya masyarakat Gorontalo yang antusias menyaksikan Festival Tumbilotohe juga membuat jalan-jalan di Gorontalo mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Bahkan berdasarkan pantauan Lintasgorontalo.com, hingga Pukul 01.00 dini hari WITA, Selasa (12/06/2018) masyarakat masih terus mengabdikan momen dibulan Ramadham ini dengan Swafoto (Selfie) atau berfoto bersama.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini