oleh

Buka Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal, Ketua TP. PKK Bonbol Sampaikan Hal Ini

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Dinas Pangan Kabupaten Bone Bolango menggelar lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal yang diikuti seluruh kecamatan se Kabupaten Bonebol, di halaman dinas setempat, Rabu (1/8/2018).

Ketua TP. PKK Kabupaten Bonebolango Lolly Hamim Pou didampingi Wakil Ketua TP. PKK Ulfa K. Wartabone saat membuka kegiatan itu mengatakan, proses lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal merupakan kegiatan yang sangat penting buat kita semua, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga.

“Saya sangat mengharapkan agar pola beragam, bergizi, dan seimbang akan menjadi budaya masyarakat untuk hidup lebih sehat, aktif dan produktif,” kata Lolly Hamim Pou yang juga anggota DPRD Provinsi Gorontalo itu.

Ia mengungkapkan salah satu faktor penting yang mempengaruhi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah konsumsi pangan. Bukti empiris menunjukan bahwa kualitas SDM sangat ditentukan oleh status gizi yang baik. Dimana status gizi yang baik ditentukan oleh jumlah asupan pangan yang dikonsumsi.

Selanjutnya masalah gizi yang terjadi pada masa tertentu akan menimbulkan masalah pembangunan di masa yang akan datang. Dikatakan Lolly Hamim Pou, saat ini hampir semua negara di dunia menghadapi berbagai bentuk permasalahan gizi, baik kekurangan gizi maupun kelebihan gizi, baik gizi makro maupun gizi mikro.

Menurutnya, masalah gizi saat ini menjadi fokus perhatian pemerintah diantaranya stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

”Di Indonesia sekitar 37% atau hampir 9 juta anak balita mengalam stunting. Stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita, namun juga terhadap remaja putri,” ulas Lolly.

Ketua TP. PKK Bonbol Lolly Hamim Pou Saat Meninjau Stand Makanan Dari Peserta Lomba Cipta Menu (foto: istimewa)

Oleh karena itu, konsumsi pangan yang berkualitas yang ditunjukan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari dibutuhkan tubuh agar dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

“Secara gencar pemerintah melakukan upaya diverifikasi konsumsi pangan,” tutur Lolly.

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini