oleh

Buka Pelatihan SDM Kepariwisataan Bagi Guru, Idah Syahidah : Guru Bisa Jadi Agen Promosi Wisata Disekolah

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Guna Meningkatkan SDM Kepariwisataan, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melaksanakan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Guru SMK dan SMA se-Provinsi Gorontalo, Selasa (07/08/2018).

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Hotel TC Damhil UNG dan dibuka langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie MH.

Diwawancarai usai membuka kegiatan, Idah Syahidah mengatakan pelatihan SDM kepariwisataan kepada Guru adalah salah satu cara strategis yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. Melalui kegiatan ini, Guru diharapkan menjadi agen primosi yang nantinya mengenalkan sektor kepariwisataan kepada anak didik disekolah.

“Tanggung jawab untuk mempromosikan pariwisata di Gorontalo bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan pihak swasta.Tapi juga perlu tindakan bersama. Dengan kegiatan ini, peran guru ini adalah tindakan yang sangat strategis untuk memberikan informasi kepada sisiwa agar mereka tertarik dengan sektor kepariwisataan,” ungkap Idah Sayhidah.

Idah Syahidah menambahkan, Program promosi kepariwisataan harus giat dilakukan, baik melalui hotel ataupun tempat-tempat destinasi wisata yang ada di Gorontalo.

“Promosi pariwisata ini harus terus digalakan. Di tempat ini (Hotel TC Damhil) misalnya seharusnya ada informasi-informasi atau gambar spot wisata yang dapat dilihat oleh pengnjung. Sehingga Para wisatawan yang menginap di hotel dapat mengetahui soal informasi pariwisata yang ada di Gorontalo. Di objek wisata juga, benteng otanaha misalanya, seharusnya ada Informasi yang dipampang, agar wisatawan mendapatkan informasi dari tempat yang mereka kunjungi,” terang Idah.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Nancy Lahay MP ditemui Lintasgorontalo.com menyampaikan, tujuan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru adalah untuk mendorong para pengajar ini bisa memberikan pengenalan kepada seluruh siswa maupun masyarakat tentang potensi-potensi wisata di Provinsi Gorontalo.

“Potensi Wisata di Gorontalo sangat layak untuk dijual. Dengan potensi ini tentunya perlu peran guru untuk mengajak anak didik untuk menjaga lingkungan wisata dan juga mempromosikan Pariwisata Gorontalo,” kata Nancy Lahay.

Dengan meningkatkan SDM Kepariwisataan disampaikan Nancy Lahay adalah sebagai upaya Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo untuk mewujudkan Program Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim untuk mewujudkan Pariwisata Gorontalo mendunia.

Pelaksanaan pelatihan pun mendapat apresiasi dari salah satu peserta kegiatan. Nolfa Podungge guru pengajar Jurusan Usaha Perjalanan Pariwsata (UPW) SMK N 1 Kota Gorontalo mengungkapkan, pelatihan SDM ini untuk menambah pengetahuan pariwisata yang dapat diterapkan di seluruh sekolah.

“Menurut kami ini sangat penting sekali untuk kami terapkan bagi anak didik kami disekolah. Pada dasarnya Pariwisata ini tanggung jawab kita bersama untuk mengembangakan sektor pariwisata di Gorontalo,” tukas Nolfa.

Peserta Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru SMK Dan SMA

Bahkan, Nolfa mengaku usai mengikutin pelatihan Ini, dirinya akan menyampaikan hasil pelatihan ke Kepala Sekolah dan kemudian segera merencanakan pelaksanaan praktek promosi pariwisata, agar anak didik lebih memahami dunia kepariwisataan bukan hanya melalui teori tetapi dengan fakta yang dilapangan.

Kegiatan, selain diikuti para guru SMK dan SMA Se-Provinsi Gorontalo, juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo dan stakeholder terkait lainya.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini