oleh

Buka Sosialisasi BPD, Ini Pesan Bupati Darwis Moridu

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Bupati Darwis Moridu membuka Sosialisasi Penguatan Peran dan Fungsi Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Asosiasi BPD se-Kabupaten Boalemo periode 2018 – 2024 di Aula Pendopo Kantor Bupati. Jumat (08/03/19).

Darwis Moridu mengatakan pengawasan skala lokal Desa yang di amanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri  No. 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa, dapat menjadikan penyelengaraan Pemeritah Desa yang memiliki Integritas dalam menjalankan roda organisasi BPD.

Olenya Lembaga Permusyawaratan Desa harus menjadi ‘Agent Off Control’ bagi Pemeritah Desa pada setiap tahapan perencanaan, penganggaran, pelaporan, sampai tahap pertangungjawaban, sehingga sangat membantu untuk mencegah penyalahgunaan Anggaran Dana Desa.

“Saya memberikan apresiasi atas inisiatif dari para angota BPD membentuk Asosiasi Badan Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Dengan terbentuknya organisasi ini sebagai  langkah maju untuk memperkuat fungsi pengawasan di setiap Desa,”ungkap Darwis.

Pengukuhan Yang Dilakukan Bupati Darwis Moridu Kepada Pengurus Asosiasi BPD Se- Boalemo

Disampaikan Darwis, adanya Asosiasi ini dapat menjadi kekuatan besar, serta bisa menjadi wadah dalam memperbaiki kualitas kinerja Pemerintah Desa, maka ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat menjalankan Asosiasi agar benar benar mampu melakukan pengawsan terstruktur.

“Asosiasi BPD harus bisa mengerakan seluruh sumberdaya BPD se- Kabupaten Boalemo untuk mengawasi penyelenggaraan Pemerintah Desa. Kemudian Asosiasi ini berupaya lebih kreatif pada saat menyalurkan setiap aspirasi masyarakat. Selanjutnya mulailah membuat perencanaan dalam meningkatkan kapasitas anggota BPD. Dan terakhir Asosiasi BPD harus bisa membangun sinergitas kinerja pada kajian kajian kemajuan Desa,”terang Darwis Moridu.

Pelaksanaan kegiatan juga di hadiri Sekda Husain Etango, Pejabat Eselon II, III, IV, Camat se-Kabupaten Boalemo, Kepala Desa se- Boalemo, Ketua BPD se- Kabupaten Boalemo serta pengurus Asosiasi se-Kabupaten Boalemo.

Laporan: Mukrin Laete
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda