oleh

Bupati Hamim Apresiasi Kemeriahan Parade Walima di Bonebol

LINTAS BONEBOL (LIGO) Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabi’ul Awal 1440 H/2018 M di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) diperingati jajaran Pemerintah Daerah dan Masyarakat setempat dengan menggelar Parade Walima dengan arak-arakan kendaraan roda empat dan roda tiga yang mengangkut Walima, Tolanga dan Toyopo yang diisi dengan berbagai kue tradisional Gorontalo.

Parade Walima yang mengambil start di Center Point Bonebol di Kecamatan Tilongkabila, kemudian diarak melewati Kecamatan Kabila menuju Masjid Agung Al-Marhamah Suwawa, Bonebol di Kecamatan Suwawa tersebut berlangsung semarak dan meriah.

“Alhamdulillah pelaksanaan Parade Walima tahun ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Seorang hamba yang kita muliakan dan menjadi junjungan kita semua, berlangsung semarak dan meriah. Mengalami peningkatan dan perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Bupati Bonebol Hamim Pou saat memberikan sambutan pada pelepasan Parade Walima, di Center Point Bonebol, Selasa (20/11).

Bupati Hamim mengatakan, kedepan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Bonebol harus semakin baik, semakin semarak dan semakin meriah. Tahun depan kita harus berjuang semua, kalau perlu 1.000 Walima yang bisa diparadekan.

“Kita akan laksanakan tahun mendatang dan dimasukkan dalam Calender of Event Kabupaten Bonebol. Tahun depan ada 20 lebih Event Bone Bolango, salah satunya Parade 1.000 Walima,”ujar Hamim Pou.

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah dan Masyarakat Bonebol, terutama ASN di lingkungan Pemkab Bonebol telah menyumbangkan dan menghadiahkan Tolanga maupun Toyopo dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini.

“Ini sebagai rasa syukur dan usaha kita untuk mensyukuri segala nikmat, rezeki, kesehatan yang diberikan Allah melalui syafaat Nabi Muhammad SAW,” tandas orang nomor satu di Kabupaten Bonebol itu.

Parade Walima di Bonebol (foto: AKP)

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Bonebol Muhammad Iryanto Datau menjelaskan, bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Bonebol tidak hanya dimeriahkan oleh Parade Walima. Namun dimeriahkan juga dengan aneka ragam kegiatan tradisional lainnya, yakni Dikili (Dzikir) semalam suntuk.

Untuk tingkat Kabupaten Bonebol dipusatkan di Masjid Agung Al-Marhamah Suwawa. Perayaan Maulid Nabi dengan tradisi Walima dan Dikili ini juga dilaksanakan di seluruh Masjid Bonebol yang ada di Kecamatan dan Desa-Desa dan Kelurahan.

”Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1440 H/2018 Miladiyah ini untuk jumlah pe-Dzikir (Dikili) di Masjid Agung Al-Marhamah sebanyak 86 orang,” jelas Muhammad Iryanto Datau.

Laporan: Hms/AKP/Elias
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda