oleh

Bupati Hamim Evaluasi Program Bantuan Sosial Pangan Rastra 2018

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Dalam rangka evaluasi bantuan sosial pangan beras sejahtera (Rastra) Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melalui Dinas Sosial lakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait yakni Camat, Kepala Desa/Lurah, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Kabila, Selasa (30/10/2018).

Bupati Kab. Bone Bolango Hamim Pou dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan evaluasi program Bantuan sosial Rastra sangat penting, agar diketahui sudah sejauh mana dan bagaimana keluarannya maupun dampaknya ke masyarakat.

“Itu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) maupun Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) itu berperan untuk mengukur semua perencanaan. Mulai dari program sampai dampak atau outcome (hasil) dari program yang kita rencanakan dan laksanakan tersebut,” kata Hamim Pou.

Hamim Pou juga meminta kepada Kepala Bulog Sub Divisi Regional Gorontalo Castro Hermanses agar terus berkoordinasi agar pemerintah daerah bisa mengetahui sampai dimana pendistribusian bantuan pangan Rastra kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

”Apalagi bantuan sosial pangan Rastra sebanyak 10 Kg untuk setiap PKM ini sudah gratis. Karena itu, semua harus terdistribusi dengan baik kepada setiap PKM,” ujar Hamim Pou.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Dian Susilo menjelaskan, jumlah penerima program bantuan sosial pangan Rastra di Kabupaten Bonebol tahun 2018 sebanyak 12.225 KPM yang tersebar di seluruh desa/kelurahan. Dimana setiap bulan PKM memperoleh bantuan Rastra tersebut sejumlah 10 kg secara gratis.

Oleh karena itu, untuk memperlancar dan menyukseskan kebijakan pemerintah dalam program Bansos Pangan untuk rumah tangga berpendapatan rendah ini, maka kita laksanakan rapat evaluasi.

“Evaluasi ini kita laksanakan untuk mengoptimalkan penyaluran beras Rastra, sehingga bantuan tersebut benar-benar disalurkan kepada yang berhak menerima,” jelas mantan Staf Ahli Bupati Bonebol itu.

Laporan: Hms/Kdr/Sri Devy Gue
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda