oleh

Bupati Hamim Pou Lepas Ribuan Peserta Lomba Gerak Jalan

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou melepas ribuan peserta lomba gerak jalan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Bonebol, Selasa (14/8/2018).

Lomba gerak jalan yang diikuti 93 regu, terdiri dari SMP dan MTs 58 regu, dan SMA, SMK, dan MA 35 regu itu, mengambil start di Lapangan Likada Kecamatan Kabila dan finish di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Desa Boludawa Kecamatan Suwawa.

“Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini, untuk mengingatkan kembali tentang Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang harus selalu kita aktualkan. Kita harus tahu, tanpa pengorbanan dan perjuangan, tanpa nyawa, serta harta benda dari para syuhada, dari sesepuh-sesepuh kita, maka tidak ada Kemerdekaan RI,” ujar Bupati Hamim Pou.

Oleh karena itu, kegiatan gerak jalan yang dilaksanakan hari ini adalah salah satu cara kita untuk merawat dan memelihara Kemerdekaan RI.

“Salah satu gerakan memelihara partiotisme adalah lewat gerak jalan seperti ini,” kata Hamim Pou.

Hamim menambahkan, apa yang kita lakukan hari ini. Itu hanya setahun sekali kita laksanakan. Tapi dulu berhari-hari rakyat Indonesia berperang melawan dan mengusir penjajah. Hasilnya pun kita bisa nikmati sampai hari ini.

“Saat ini kita bisa menikmati pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang baik, itu karena jasa-jasa para pendiri maupun pahlawan kita,” urai Hamim.

Ketua KONI Bonebolango Yakub Tangahu mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan-kegiatan seperti ini, menandakan bahwa peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus itu dilaksanakan disetiap daerah.

”Ini menandakan bahwa bangsa Indonesia, khususnya kita di Bonebol sangat menghargai dan menghormati jasa-jasa para pejuang dan pahlawan kita yang telah memproklamasikan Kemerdekaan RI,” kata Yakub Tangahu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bonebolango Muhamad Yamin Abbas menjelaskan, kegiatan gerak jalan ini sebelumnya juga dilaksanakan ditingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Bonebol.

“Untuk tingkat SD dan MI itu telah kita laksanakan kemarin tanggal 13 Agustus 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 104 regu,” jelas Yamin Abbas.

Dia mengungkapkan, rangkaian kegiatan lomba gerak jalan ini dalam rangka untuk memperingati dan memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, sekaligus ikut menyukseskan jalannya persiapan acara pembukaan Asian Games dan Asian Para Games yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018.

Kita berdoa bersama-sama, mudah-mudahan atlit-atlit kita yang ada di Jakarta dan Palembang, Insya Allah bisa mempersembahkan prestasi untuk rakyat Indonesia. Apalagi kita Bonebol juga mengirim atlit dalam Asian Games tersebut, yaitu atlit untuk cabang takraw.

“Kita berharap Insya Allah atlit yang kita kirim itu, bisa mendapatkan kesuksesan dan mempersembahkan juara untuk Indonesia, untuk Provinsi Gorontalo, khususnya untuk kita di Bonebol,” ujar Yamin Abbas.

Laporan : Iyas/Hms Kadir
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda