oleh

Cara Cerdas Dinas Koperasi Kabgor Sosialisasikan Peran Koperasi

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Tidak bisa dipungkiri, keberadaan Koperasi saat ini hampir tidak lagi diminati oleh sebagian masyarakat, hal tersebut berdampak pada banyaknya Koperasi yang harus gulung tikar. Padahal Koperasi memiliki peran untuk membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota Koperasi yang umumnya adalah masyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Koperasi tidak ingin peran Koperasi dilupakan masyarakat. Karena itu Dinas Koperasi terus melakukan upaya agar masyarakat tetap memahami peran Koperasi, salah satunya melalui Lomba Cerdas Cermat Koperasi bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS). Kamis (18/07).

Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Gorontalo, Drs. Ayuba S. Hida menyampaikan melalui Lomba Cerdas Cermat Koperasi antara Siswa SMP diharapkan para Generasi Muda kedepan memahami peran Koperasi dan menjadikan Koperasi sebagai wadah untuk membangun ekonominya.

Dirinya juga meyakini bahwa keberadaan Koperasi di Indonesia terutama di Kabupaten Gorontalo, tidak akan mati.

“Malah sebaliknya Tahun 2020 nanti akan menjadi awal kebangkitan Koperasi di Indonesia, dan kami Dinas Koperasi Kabupaten Gorontalo optimis dengan peran Koperasi yang sangat penting, kedepan Koperasi akan lebih diminati,” ungkap Ayuba.

Kepala Dinas Koperasi Kabgor juga menyampaikan salah satu solusi agar Koperasi tetap bertahan dari zaman ke zaman adalah dengan mengikuti zaman itu sendiri.

“Kalau Kita menerapkan Sistem Koperasi yang konfensional pada zaman ini tentu Koperasi akan kalah bersaing, tetapi kalau Koperasi itu menerapkan Sistem sesuai kebutuhan dengan menerapkan perkembangan teknologi yang ada saat ini tentu Koperasi itu akan terus bertahan,” jelasnya.

Sekda Hadijah U Tayeb, Kadis Ayuba S. Hida bersama Peserta Lomba Cerdas Cermat Koperasi

Sementara kepada Peserta Perwakilan Sekolah yang mengikuti cerdas cermat, dirinya berharap agar bisa memahami peran Koperasi yang sangat penting dalam membangun ekonomi masyarakat.

Pada Cerdas Cermat tersebut diikuti oleh 11 Kelompok dengan memperebutkan hadiah, Juara Satu mendapat Hadiah Tunai 1 Juta 500 Ribu Rupiah, Juara Dua 1 Juta Rupiah dan Juara Tiga 750 Ribu Rupiah. Lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional yang ke-72. (B01).

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini