oleh

Dampak Green Investment Meeting, Kabgor Di Minati Investor

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Upaya Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang terus melakukan komunikasi intens dengan para Investor membuat Kabupaten Gorontalo menjadi Daerah yang di piliih untuk berinvestasi.

Saat ini tercatat sejumlah Investor telah masuk dan dalam proses kerjasama antaranya : Unilever (Perancis) Pengembangan Kelapa Genja dan Gula Aren, Tianjin Electric (M) SDN. BHD. (Malaysia) Pebangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, PT. Yeshu (Tiongkok) Pembangunan Pabrik Juice Kelapa dan PT. Tokyo Food Corporation & Konematsu Corporation (Jepang) Pengembangan Perkebunan dan Mitigasi Bencana & Tsunami.

“Jadi kalau kalau ada orang yang mengatakan Green Investment Meeting tidak ada tindaklanjut, maka ini merupakan laporan kami atas progres yang Pemerintah Daerah lakukan selama ini,” Tegas Ibrahim Jantu, Kepala Dinas PTSP.

Ibrahih menerangkan, masuknya sejumlah Investor tersebut merupakan buah manis dari Green Investment Meeting yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo pada  Bulan April 2017 silam di Pentadio Resort dengan menghadirkan beberapa Pembicara Nasional dan juga Investor Asing.

Setelah pelaksanaan Green Investment Meeting, membuat Kabupaten Gorontalo menjadi perhatian Nasional bahkan Internasional dalam penerapan Investasi berwawasan lingkungan. Itu di buktikan dengan diundangnya Prof. Nelson Pomalingo sebagai Narasumber pada pertemuan di Maroko, Polandia, Jepang serta Daerah – Daerah lainnya di Indonesia.

“Hal tersebut dibarengi dengan masuknya Investasi yang signifikan ke Daerah ini, dimana pada tahun 2017 total Investasi yang masuk sebesar Rp 1,64 Trilyun, pada tahun sebelumnya hanya 150 Milyar dan pada tahun 2018 Investasi yang masuk sebesar Rp 1,8 Trilyun, sedangkan untuk triwulan I 2019 Investasi yang tercatat saat ini sebesar Rp 500 Milyar,” Jelas Ibrahim.

“Adapun Investor besar yang didorong Pemerintah Daerah untuk melakukan kegiatan di Daerah ini antara lain PT. Quantum Solar Gorontalo sebagai Perusahaan Listrik Tenaga Surya yang ramah lingkungan dan juga PT. Charoen Pokphan Indonesia Perusahaan yang akan membangun Pabrik Pakan Ternak serta Perusahaan – Perusahaan lainnya baik PMA maupun PMDN yang berwawasan lingkungan,” Tambahnya.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini