oleh

Dari Rektor Ke Bupati, Nelson Serius Majukan Pendidikan Gorontalo

LINTAS KABGOR (LIGO) – Cita-Cita Bupati Nelson Pomalingo menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai Pusat Pendidikan Perguruan Tinggi di Indonesia Timur  semakin terwujud.

Setelah meng-hibahkan lahan di Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto untuk pembangunan Perguruan Tinggi Universitas Nahdlatul Ulama, kini pihaknya kembali meng-hibahkan lahan untuk pembangunan Politeknik Kesehatan. Hal ini dilakukan Nelson untuk menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai Pusat Pendidikan.

Tidak heran, satu-satunya Bupati yang bergelar “Profesor” di Provinsi Gorontalo ini memiliki ambisi untuk menjadikan Gorontalo sebagai Pusat Pendidikan yang dalam gagasannya Nelson menyebutnya sebagai “Kota Satelit Pendidikan”.

Upaya ini seiring dengan keinginannya dalam membangun Kabupaten Gorontalo, dengan mendorong SDM namun di lain sisi tidak melupakan Agama dan budaya Gorontalo.

Mewujudkan Kabupaten Gorontalo sebagai Kota Satelit Pendidikan, bukanlah hal yang sulit bagi Nelson. Sebab telah terbukti, Sebelum menjadi Bupati, Nelson yang pernah menjabat sebagai Rektor di UNG dan UMG telah berhasil mendorong kemajuan pendidikan di Kampus yang dipimpinnya kala itu.

Kata Nelson, keinginan untuk masuk Perguruan Tinggi Jurusan Kesehatan di Gorontalo sangatlah besar. Namun dalam penerimaan mahasiswa Politeknik Kesehatan di Gorontalo sangat terbatas. Sehingga Pemerintah mendorong agar pembangunan Poltekes juga di bangun di Kabupaten Gorontalo.

Nelson menjawab keinginan Masyarakat Gorontalo dengan bergerak cepat, menyiapkan lahan dan menyiapkan anggaran.

“Untuk Anggarannya sudah Kita siapkan Tahun 2019 ini. Dan pembangunannya akan bertahap,” kata Nelson, Ahad (20/01) usai meninjau lahan Kelurahan Bongohulawa yang direncanakan akan dibangun Poltekes.

Untuk pembangunannya sendiri, Pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 2 Hektar.

Selain itu di lokasi yang berdekatan, Bupati Nelson juga meninjau lahan yang akan dibangun LPP DIKTI. Rencananya untuk pembangunan tersebut, Pemerintah telah menyiapkan lahan 1 Hektar.

Nelson ingin agar pembangunan Poltekes dan LPP Dikti tersebut di kontrol, agar dalam pembangunannya tertata.

Nelson juga berharap Masyarakat Kabupaten Gorontalo mendukung Pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Gorontalo sebagai “Kota Satelit Pendidikan”.

“Kita berharap pembangunan ini di dukung oleh Masyarakat, sebab kita tidak hanya butuh tanah ini tapi kan juga akan ada perluasan. Kita berharap cita-cita Kota Satelit Pendidikan madinahtun Ilmi itu terwujud disini, karena kan sudah ada Perguruan Tinggi IAIN dan juga UNU, nanti disini juga akan dibangun Laboratorium, dan nanti Rumah Sakit juga akan Kita pindahkan ke sini, sehingga cita-cita ini benar-benar kompleks,” harap Nelson dengan serius menyampaikan gagasannya.

Laporan: Najid L
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini