oleh

Darwis Moridu : Generasi Muda Contohi Kartini

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Kartini adalah sosok Pahlawan Bangsa yang banyak menginspirasi kaum wanita. Karena perjuangan kartini terhadap Emansipasi wanita, membuat perempuan memiliki hak yang sama dengan kaum lelaki.

Untuk menghormati Perjuangan Kartini, Pemerintah Boalemo menggelar Upacara Peringatan Hari Kartini Ke-40 tingkat Kabupaten Boalemo, di Gedung Graha Putra Tunggal, (Kamis 25/4/2019).

Pada peringatan itu, Bupati Darwis Moridu mengatakan semangat kebesaran jiwa  Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan kesamaan dan kesetaraan kaum perempuan dengan laki-laki, demi memperoleh Pendidikan yang memadai sehingga dapat menaikan derajat perempuan yang saat itu kurang dihargai, harus menjadi contoh bagi Generasi Muda saat ini.

Menurutnya, melalui moment yang di peringati setiap tahun ini, menjadi intropeksi bagi Genari Muda untuk berjuang demi Kemajuan Bangsa, seperti yang dilakukan oleh R.A Kartini.

“Peringatan Hari Kartini tahun ini di titik beratkan pada intropeksi diri, terutama kaum perempuan, peran perempuan perlu di perhatikan untuk di kembangkan dan di matangkan di berbagai potensi yang ada, keterlibatan perempuan di kancah publik merupakan aspek penting dalam percepatan pencapaian kesetaraan dan keadilan Gender,”Terang Darwis Moridu

Sementara itu  ketua Panitia Mondru Mopangga menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaran kegiatan Peringatan Hari Kartini yang ke-40 tingkat Kabupaten Boalemo adalah untuk menghormati perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di Era Modern yang secara khusus dalam Bidang Pendidikan maupun Kesetaraan Gender di semua Bidang.

“Perayaan ini mengandung makna mengenai Emansipasi Perempuan dan mengingatkan lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan Keadilan Gender,”ugkapnya

Laporan : Mukrin Laete
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini