oleh

Data Turunnya Angka Kemiskinan “Disoal” Dalam Forum Konsultasi Publik RKPD

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo lakukan Forum Konsultasi Publik soal awal Rencana Kerja Pemeritah Daerah (RKPD) yang akan laksanakan pada Tahun 2020 mendatang. Rabu (30/01). Ballroom Hotel Damhil.

Kepala Bappeda Provinsi Budiyanto Sidiki menjelaskan, bahwa RKPD Tahun 2020 sudah dirumuskan melalui Diskusi-Diskusi Internal Bapppeda dan juga beberapa Pihak dan Tenaga Ahli yang berkaitan dengan Program yang akan dikerjakan di Tahun 2020 mendatang.

“Tetapi itu sifatnya Rancangan Teknokratik. Rancangan Teknokratik itu, rancangan dari Pemerintah. Maka ini yang harus Kita lemparkan ke Masyarakat, itu untuk Kita mintakan masukkan, terutama berkaitan dengan Tema, Arah Kebijakan. Itu yang kita sampaikan” ujar Budiyanto saat diwawancarai lintasgorontalo.com usai kegiatan.

Pada kegiatan yang belangsung sejak Pukul 08.00 WITA itu menjelaskan tentang Evaluasi Kinerja dari Tahun 2017 hingga 2018. Dari Evaluasi dan Diskusi itu akan menjadi patokan program apa? Dan kerja apa? Yang akan dilakukan pada Tahun 2020 nantinya.

Dalam pembahasan RKPD awal yang menjadi Prioritas pada Tahun 2020, ada Delapan Poin yang menjadi paparan Diskusi yang nantinya akan dilaksanakan. Diantaranya Pendidikan yang berkualitas, Kesehatan, Infrastruktur merata, Ekonomi, Pelayanan Pemerintah, Agama dan Budaya, Pariwisata yang lebih mendunia, dan Lingkungan yang lebih lestari.

Lanjut Budiyanto , Program-Program yang belum terselesaikan pada Tahun 2018-2019. RKPD Tahun 2020 akan menjadi bagian kerja lanjutan Pemerintah Daerah. Seperti yang berkaitan dengan Kemiskinan, Ekonomi Kerakyatan, Infrastruktur Yang Belum Terselesaikan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Juga berkaitan dengan Infrastruktur, Pemerataan Infrastruktur. Untuk Infrastruktur itu lebih fokus kepada beberapa Sektor yang dibutuhkan seperti Sanitasi, kemudian Infrastruktur Perekonomian seperti Jaringan Irigasi untuk wilayah Provinsi. Termasuk didalamnya hal yang berkaitan dengan Peningkatan SDM” kata Budiyanto .

Budiyanto juga menjelaskan, yang menjadi PR Pemerintah Daerah yaitu di bidang Kesehatan, seperti Angka Kematian Ibu, dan Stunting Pertumbuhan Anak. Angka Kematian Ibu di Gorontalo sudah menurun tetapi Gorontalo masih dalam posisi Tertinggi dalam hal Kesehatan. Seperti data Kesehatan BPS, Gorontalo masih masuk urutan ke-12 Terburuk Stunting tertinggi di daerah-daerah Indonesia.

Sebagian Peserta Diskusi dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2022.

Diwaktu yang sama, Amir Archam selaku akademisi dan juga sebagai Peserta di Diskusi Publik Pembahasan RKPD menjelaskan bahwa Data-Data yang ditampilkan pada Diskusi yang dibawakan Pemateri harus dibedah lebih mendalam dan tidak hanya menampilkan angka-angka seperti yang di rilis BPS.

“Tapikan Data itu harus dibedah tidak sekedar menampilkan angka-angka. Tapi angka itu harus dibaca, di Interpretasi untuk mengubah Data itu. katakanlah Kemiskinan, memang menurun! Penurunannya tidak terlalu signifikan. Dan dari Data itu lalu Kita merumuskan program apa yang akan dilakukan” ujar Amir.

Amir juga menjelaskan, bahwa Tema yang dibahas sama seperti tahun sebelumnya sesuai dengan Program Pemeritah Pusat yaitu pengembangan SDM. Lanjutnya juga seperti Pendidikan belum maksimal, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih lebih rendah dari Nasional dan Lembaga-Lembaga Sekolah masih rendah dan juga Partisipasi Murid masih rendah. Dengan pembahasan tema RKPD itu sesuai dengan apa yang terjadi di Daerah.

Sementara itu diakhir acara Budiyanto Sidiki berharap pada Diskusi Publik RKPD akan mendapakan tanggapan dari Masyarakat. Dengan penyampaian RKPD Masyarakat akan memberikan masukkan untuk perbaikan RKPD.

“Untuk Perbaikan, dengan Anggaran Kita yang terbatas ini. Anggaran Kita kan terbatas, tidak banyak. Maka sedapat mungkin yang Terbatas ini Kita dapat fokuskan yang dapat mendorong dari target-target capaian” tutup Budiyanto.

Laporan: Elias
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini