oleh

Desa Dulohupa Kabgor Jadi Contoh Perkampungan KB

LINTAS KABGOR (LIGO) – Desa Dulohupa, Kabupaten Gorontalo ditetapkan sebagai Desa Terbaik dalam mewujudkan Perkampungan Keluarga Berencana (KB) di Provinsi Gorontalo oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jum’at (21/12) Desa Dulohupa.

Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN Nofrijal, mengatakan ada beberapa alasan yang membuat BKKBN menetapkan Desa Doluhupa sebagai Perkampungan KB Terbaik di Provinsi Gorontalo, hal ini karena Desa Doluhupa telah memiliki Inovasi Data Rumahku, Data Kependudukan. Selain itu Masyarakat Doluhupa juga dikenal sebagai Desa yang memegang teguh Gotong Royong.

“Kampung KB Doluhupa ini sudah menjadi Model Kampung KB Nasional, sehingganya Saya akan usulkan kalau ada Desa yang mau Study Banding Program KB, Desa Doluhupa bisa menjadi Contoh dan Tujuan Study Banding,” ungkap Sestama BKKBN.

Sementara itu Sekda Kabgor, Ir. Hadijah U Tayeb menuturkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat berkomitmen untuk mewujudkan Program KB.

“Masalah Kependudukan dan KB di Kabupaten Gorontalo itu ditangani oleh Seluruh OPD dalam Lintas Sektor, ini merupakan Komitmen Kami untuk mensukseskan Program KB,” tutur Sekda Hadijah.

Kepala Desa Doluhupa (kaus putih) menerima Penghargaan dari BKKBN sebagai Desa yang berhasil mewujudkan Perkampungan KB

Dirinya menambahkan, keberhasilan Program Perkampungan KB dapat menekan Angka Kemiskinan, sehingganya untuk lebih memaksimalkan Program KB ini kata Sekda, Bupati akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) di seluruh Desa di Kabupaten Gorontalo.

“Di tahun 2018 ini saja Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mencanangkan 20 Desa Kampung KB,  10 Desa Stunting, 10 Desa Sangat Tertinggal dan Tertinggal,” tambahnya.

Melalui Kelompok Kerja dan Pembentukan Kampung KB, Sekda berharap kedepan ada banyak Desa di Kabupaten Gorontalo yang ditetapkan sebagai Desa yang berhasil mewujudkan Perkampungan KB.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini