oleh

Dewan Kota Minta Pemerintah Perhatikan Penyandang Disabilitas

LINTAS KOTA (LIGO) – Pemerintah Kota Gorontalo diminta untuk lebih meningkatkan pelayanan bagi warga Kota Gorontalo Berkebutuhan Khusus dan Penyandang Disabilitas. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi A Dewan Kota Gorontalo, Ekhwan Ahmad dalam memperingati Hari Difabel Internasional yang diperingati setiap 3 Desember.

Menurutya di Kota Gorontalo masih ada pelayanan yang di anggap kurang ramah bagi Penyandang Disabilitas.

“Seharusnya ada Jalur Khusus yang dibuat oleh Pemerintah di tempat-tempat tertentu untuk mereka Penyandang Disabilitas. Memang sejauh ini saya melihat Pemerintah sudah berusaha untuk mewujudkan itu, terbukti dengan beberapa tempat yang di desain khusus bagi Penyandang Disabiltas. Misalkan di Taman-Taman di Kota Gorontalo itu Saya lihat sudah ada Jalan Khusus yang dibuat untuk Jalur Kursi Roda yang digunakan oleh Penyandang Disabilitas,” tutur Ekhwan Ahmad. Senin (03/12).

Selain itu, Ekhwan Ahmad juga meminta kepada Pemerintah Kota Gorontalo agar mewajibkan setiap Pengusaha, Mini Market dan Mall di Gorontalo untuk menyiapkan Fasilitas untuk memudahkan Penyandang Disabilitas beraktivitas.

“Mereka juga harus di beri Fasilitas, misalnya di Mall itu seharusnya disediakan toilet khusus untuk mereka masyarakat yang berkebutuhan khusus,” imbuhnya.

Di hari Difabel ini, Ekhwan Ahmad berharap Warga Kota Gorontalo yang berkebutuhan khusus, untuk tetap berani mewujudkan cita-citanya dan tidak memandang apa yang tidak dimilikinya sebagai sebuah kelebihan yang perlu untuk di asah.

“Saya berharap Mereka tetap mewujudkan cita-citanya seperti Warga pada umumnya. Dan Kalau bisa kedepan Mereka menjadi bagian dari Birokrat yang memberikan Pelayanan dan bukan dilayani,” tandasnya.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda