oleh

Didepan Para Peneliti, Kadispar Nancy Lahay Paparkan Cara Promosikan Pariwisata Di Era Digital

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Nancy Lahay, MP secara lugas menjawab berbagai macam pertanyaan terkait perkembangan sektor pariwisata di era digital, dari para peneliti yang telah melakukan riset di sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo. Ini terlihat pada saat Nancy mamaparkan strategis Dinas Pariwisata dalam kegiatan diskusi tematik hasil riset sektor pariwisata yang mengusung tema “Membangun Pariwisata Gorontalo Di Era Digital” yang dilaksanakan oleh Bidang Litbang, Bapppeda Provinsi Gorontalo, Rabu (01/08/2018) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Dihadapan para peneliti, Nancy Lahay mengungkapkan, salah satu strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo untuk melakukan promosi yakni dengan menggandeng Generasi Pesona Indonesia (GENPI).

“Pergerakan Genpi sebagi garda terdepan promosi pariwisata sudah sangat terbukti, berhasil mendongkrak pariwisata di Indonesia. Genpi merupakan serdadu digital yang bisa mempromosikan pariwisata di Gorontalo. Genpi bisa mewujudkan fenomena baru dikalangan netizen yang sudah memiliki wish list atau daftat keinginan tempat wisata yang ingin dikunjungi,” ujar Kadis Nancy Lahay.

Dikatakanya juga, dengan konsep Go-Digital oleh Genpi, bisa dijadikan alat untuk menembus market wisatawan dunia. Selain itu pula, Dinas Pariwisata mempromosikan pariwista Gorontalo adalah melalui website resmi yang dimiliki Dinas Pariwisata.

“Kami memiliki Website resmi untuk mempromosikan semua destinasi wisata di Provinsi Gorontalo. Bahkan kami juga melibatkan lintas sektor,” tegas Nancy.

“Keinginan untuk menjadikan Pariwisata Provinsi Gorontalo menjadi destinasi Nasional kedepan akan terwujud. Namun kita perlu kerja sama dengan lintas sektor, diantaranya mengenai akses jalan ketempat wisata. Hal ini sangat penting sekali karena akses jalan ini menjadi hal yang dinilai wisatawan saat berkunjung ke destinasi wisata tersebut. Jadi mari sama-sama kita berkolaborasi dan bersinergi untuk menjual dan mempromosikan wisata di Gorontalo,” jelas Kadis Pariwisata Nancy Lahay.

Untuk Generasi Pesona Indonesia Gorontalo sendiri, rencananya akan mengadopsi program Genpi pusat yakni dengan membentuk pasar destinasi digital. Dalam pasar destinasi itu, nantinya Genpi Provinsi Gorontalo akan melakukan banyak hal yang berdampak besar untuk kemajuan daerah, khususnya di sektor pariwisata.

“Mereka generasi muda yang tergabung dalam Genpi Provinsi Gorontalo akan membuat satu wadah atau bisa dikatakan pasar destinasi digital. Program ini mereka adaptasi dari Genpi pusat dan kami Dinas Pariwisata siap mendukung itu. Mereka akan memunculkan kreatifitas baru di Gorontalo,” tambah Nancy Lahay.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini