oleh

Dihadapan Presiden Jokowi, Bupati Hamim Pou Sampaikan Kebutuhan Infrastuktur Jalan

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou berkesempatan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus menghadiri acara bersama Presiden di Istana Bogor, Selasa (31/07/2010).

Dalam pertemuan antara 23 Bupati dengan Presiden Jokowi dan berlangsung selama dua jam itu, Presiden Jokowi membahas tentang permasalahan ekonomi dan kesejahteraan. Presiden mengajak daerah menjaga agar pertumbuhan ekonomi tanah air menjadi pertumbuhan yang berkualitas.

“Pentingnya kita menyadari bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu cara untuk menurunkan angka kemiskinan,” tegas Jokowi.

Mendengar hal tersebut, Bupati Hamim Pou dalam presentasinya dihadapan Presiden menyampaikan beberapa usulan program di daerahnya. Terutama terkait infrastruktur Hamim mengusulkan pembangunan tiga infrastruktur jalan ke Presiden Jokowi, yakni pembangunan infrastruktur jalan Trans Bone Pesisir, termasuk jalan Suwawa Selatan-Kabila Bone. Kemudian pembangunan jalan Tapa-Atinggola, dan pembangunan jalan ke Pinogu yang melalui Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).

“Saya berharap pembangunan jalan ini bisa masuk ke program prioritas pembangunan nasional pak Presiden. Agar akses masyarakat terbuka dan distribusi ekonomi di daerah saya merata,” ujar Hamim di hadapan Presiden.

Presiden Jokowi pun menanggapi positif usulan Bupati yang serius membangun daerahnya.

“Saya memang ingin mengundang dalam forum-forum yang lebih kecil seperti ini, sehingga lebih bebas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah, karena kita ingin agar pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten ini betul-betul di satu garis lurus,” jelas Presiden

Para Bupati Bersama Presiden Jokowi

Dalam pertemuan yang dihadiri 23 Bupati itu, tak banyak yang berkesempatan menyampaikan usulan ke Presiden secara langsung. Hamim menjadi salah satu pembicara dan mendapat giliran sebagai pembicara ketiga dalam diskusi selama dua jam tersebut. Sekaligus mengajukan usulan programnya yang diserahkan langsung ke Presiden.

“Pada kesempatan itu, saya sekaligus menyerahkan proposal ke Presiden Jokowi,” kata Bupati Hamim Pou.

Presiden Jokowi berjanji akan memerintahkan Menteri PUPR untuk memasukkan sebagai prioritas nasional tahun 2019.

“Pak Presiden Jokowi mendukung, karena infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kalau tidak, kita makin ketinggalan,” urai Hamim Pou.

Presiden juga, kata Hamim Pou, mengingatkan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memprioritaskan belanja publik dan modal dibanding belanja aparatur.

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda