oleh

Dikes Bonebol Pasang Target Jadi Jawara Lomba Kebersihan 2018

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-54 tahun 2018 yang diperingati setiap tanggal 12 Nopember. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menggelar berbagai lomba, salah satunya adalah Lomba Kebersihan antar Dinas Kesehatan (Dikes) dan Antar Rumah Sakit Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

Untuk Dikes Bonebol sendiri, dalam rangka menghadapi penilaian Lomba Kebersihan Antar Dikes se-Provinsi Gorontalo, sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

”Bahkan untuk menjaga dan memelihara kebersihan di Kantor maupun di kompleks Perkantoran Dikes Bonebol, selama ini sudah menjadi rutinitas kami di jajaran Dikes Bonebol,” ungkap Kepala Dikes Bonebol dr. Meyrin Kadir, Jumat (9/11).

Oleh karena itu, lanjut Meyrin Kadir, pada penilaian Lomba Kebersihan Antar Dikes Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, dirinya optimis bisa meraih yang terbaik.

”Target kita adalah terbaik satu untuk Lomba Kebersihan. Demikian juga untuk Lomba Defile Peserta dan Lomba Olahraga, karena selama ini setiap penyelenggaraan HKN, kita Bonebol hanya berada di posisi Juara II dan Juara III. Saya berharap tahun ini bisa Juara I,” tutur Meyrin Kadir.

Sebelumnya, Sekretaris Dikes Provinsi Gorontalo Misranda Nalole yang juga Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, untuk momentum Peringatan HKN tahun ini, pihaknya dari Panitia berusaha ada penilaian Lomba Kebersihan untuk Dikes dan Rumah sakit.

Misranda mengungkapkan, selama ini dirinya melihat aparatur di Dikes terlalu sibuk dengan aktivitas untuk masyarakat, sehingga untuk kebersihan dan penataan kantor itu sepertinya terabaikan.

“Melalui momentum ini kami berusaha turun ke Kabupaten/Kota untuk melakukan penilaian Kebersihan Perkantoran Dikes dan Rumah Sakit,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, tujuan penilaian itu sendiri adalah untuk kita di insan Kesehatan, supaya bisa bekerja nyaman di ruang kerja dan ruang kerja itu dalam keadaan bersih, dan terutama yang dinilai di Perkantoran itu apakah sudah sesuai dengan Perda yang ada, khususnya untuk Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Tidak ada lagi kegiatan merokok di kantor itu.

Dalam penilaian ini, kami melihat di Dikes Bonebol ini sudah cukup banyak seruan-seruan untuk tidak melakukan untuk merokok di tempat kerja. Kami tentu merasa bangga dan apresiasi, karena Dikes Bonebol sudah melakukan hal-hal terbaik, terutama untuk KTR-nya, kami melihat bahwa ketika ada orang merokok di ruang kerja, itu akan diberikan denda secara langsung.

“Ini bagian dari kita memberikan pembelajaran kepada masyarakat, bahwa kita insan Kesehatan itu tidak bisa merokok di tempat kerja, dan semua ruangan untuk perkantoran itu bersih dan tertata rapih, karena ini juga untuk kita sendiri nyaman dalam bekerja untuk melaksanakan tugas kepada masyarakat,” ujar Misranda.

Ia menambahkan, nantinya Juara Lomba Kebersihan Antar Dikes dan Antar Rumah Sakit itu, akan diberikan Penghargaan maupun Reward pada Puncak Peringatan HKN ke-54 tahun 2018 tingkat Provinsi Gorontalo yang akan dipusatkan di Kabupaten Gorontalo pada tanggal 16 Nopember 2018 mendatang.

”Jadi kami akan ada penghargaan untuk tingkat Dikes terbaik I, II, dan III, dan Rumah Sakit terbaik I, II, dan III,” pungkas Misranda.

Laporan: Hms/AKP/Mirna Ahaya
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda