oleh

Dinilai Penting, 130 Operator Sekolah Dasar Dibekali Penyusunan Profil Pendidikan

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Sebanyak 130 operator Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Bone Bolango mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembekalan Penyusunan Profil Pendidikan, di Hotel Eljie Gorontalo, Rabu (1/8/2018).

Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Bonebol Syarifudin Uloli saat membuka kegiatan itu mengatakan, berbicara profil pendidikan ini menyangkut data semua aspek yang ada dilingkungan sekolah, baik tenaga guru, siswa, sarana dan prasarana.

“Kita sering mengabaikan data. Padahal data itu penting sekali untuk bagaimana bisa membuat program kegiatan di sekolah. Karena itu, tidak boleh data profil pendidikan dibuat hanya asal-asalan. Kita menginput data ini tujuan adalah agar supaya apa yang kita rencanakan dan programkan itu akan terlaksana,” ujar Syarifudin.

Syarifudin berharap kepada seluruh operator agar mengikuti Bimtek dan pembekalan tersebut dengan sungguh-sungguh, sehingga benar-benar bisa melaksanakan penyusunan profil pendidikan dengan penuh rasa tanggungjawab.

Sementara Kepala Dinas Dikbud Bonebolango Marni Nisabu menjelaskan, penyusunan profil pendidikan sebagai dasar untuk membuat program strategis yang ada di Dikbud. Menurutnya, dalam profil pendidikan ini, pihaknya akan menvalidkan seluruh data, baik itu data siswa, data guru, serta data sarana dan parasana.

Dengan adanya sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang sudah sistem online, maka seluruh permintaan program yang ada Dinas Dikbud itu sudah melalui aplikasi tersebut. Oleh karena itu, fungsi daripada operator sekolah ini, harus bisa menvalidkan data dari bawah.

“Kita bisa memetakan guru, ruang kelas belajar, dan siswa itu semua ujung tombaknya pada operator sekolah. Karena itu, kita harapkan para operator ini harus bisa menyusun profil pendidikan, membuat laporan dengan data yang valid sesuai dengan kondisi sekolah. Tidak boleh memanipulasi data. Jadi apa yang rill di sekolah itulah yang diinput dan mereka validkan. Ketika mereka selalu memvalidkan data berarti kita bisa membaca bagaimana kondisi dari perkembangan dari sekolah itu.  Apakah di sekolah itu siswanya sedikit atau banyak, apakah kekurangan ruang kelas baru (RKB), kekurangan guru, kekurangan tenaga administrasi, kekurangan sarana dan prasarana. Itu bisa kita pantau dari data mereka yang ada di profil pendidikan,” jelas Marni Nisabu

Foto Bersama Asissten III Bonebolango Syarifudin Uloli Bersama 130 Operator Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Bone Bolango. (foto: hms/Kadir)

”Jadi kami dari Dinas Dikbud tidak perlu datang ke sekolah-sekolah dengan membuka profil setiap sekolah,” tambah Marni Nisabu dan mengatakan Bimtek dan pembekalan penyusunan profil pendidikan ini, juga akan dilaksanakan bagi operator sekolah jenjang SMP dan operator Taman Kanak-Kanak (TK).

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini