oleh

Dinsos Dan BPBD Bonebol Beri Sosialisasi Kampung Siaga Bencana Di Kecamatan Bulango Utara

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Bonebolango melaksanakan sosialisasi Kampung Siaga Bencana (KPSB) Kamis (26/07/2018) di sanggar tani, Desa Boidu, Kecamatan Bulango Utara. Hal ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Bonebolango untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana meminimalisir akibat dari bencana.

Sosialisasi diikuti para Kepala dusun, Kepala desa, Tagana dan tokoh masyarakat. Selain itu hadir juga Camat Bulango Utara Endang Gobel.

Pada kesempatan tersebut, Camat Bolango Utara Endang Gobel mengungkapkan bahwa masyarakat saat ini sangat membutuhkan tanggul mengingat ada beberapa desa yang berada di Kecamatan Bulango Utara sering mengalami banjir ketika musim hujan tiba.

“Masyarakat itu sangat memerlukan tanggul, masyarakat mengatakan, selain bantuan makanan dan minuman, mereka sangat menginginkan tanggul yang kokoh.” ungkap Endang Gobel didepan Dinas Sosial dan BPBD Bonebolango.

Lanjut Endang, bahwa sosialisasi kampung siaga ini sangat baik dan memiliki nilai bagi masyarakat. Akan tetapi pemberian sosialisasi tidak hanya di tiap-tiap Kecamatan, namun perlu menyentuh Desa maupun Dusun, agar masyarakat secara langsung mengetahui hal yang perlu dilakukan ketika terjadi bencana.

“Saya sangat bersyukur dengan sosialisasi ini. Selaku Pemerintah Kecamatan Bulango Utara saya apresiasi terhadap sosialisasi ini. Tapi ada baiknya langsung ke Desa atau Dusun,” harap Endang.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial Bonebolango Kasmin Lahay menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga keseimbangan ekosistem serta ramah lingkungan sehingga mengurangi terjadinya bencana.

“Kita harus selalu ramah lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem” imbau Kasmin Lahay.

Untuk usulan Camat Bulango Utara, agar sosialisasi langsung ke tingkat masyarakat, Kasmin mengaku akan segera menjadwalkan hal tersebut. Dikatakanya memang sosialisasi ini dimuali dari tingkat Kecamatan sampai Desa.

“Itu kita punya jadwalnya. Dan kami memang sudah merencanakan untuk turun sosialisasi langsung ke masyarakat. Semua kita lakukan bertahap,” ujar Kasmin

Laporan : Mirnawaty Ahaya
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini