oleh

Dirjen Perikanan Tangkap Kunjungi Nelayan Gorontalo

BONE BOLANGO (LIGO) – Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui Dirjen Perikanan Tangkap KKP Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D,. Frina, lakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo, Kab. Bone Bolango, Kec. Kabila Bone. Desa Huangobotu pada hari Jum’at (19/01).

Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian KP menyampaikan, perhatian ke sektor Perikanan sangat didukung oleh Wakil Ketua Komisi IV, Roem Kono.

“Pak Roem Kono bergabung dengan Komisi IV DPR RI, banyak memberikan warna baru di Komisi IV. Sehingganya perhatian ke sektor perikanan masyarakat nelayan semakin meningkat dan kita terus di dorong untuk memajukan kesejahteraan nelayan,” terangnya, sambil memberikan ucapan terimakasih kepada Roem Kono.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D,. Frina

Dalam kunjungannya ini, Dirjen Perikanan Tangkap membawa pesan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa. Untuk mewujudkan pesan ini, Ibu Puji Astuti Menteri Kelautan dan Perikanan telah melakukan Tiga Strategi yakni Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kesehjateraan.

“Kedaulatan sudah kita lakukan, fokus kedaulatan. Kata yang hebat adalah TENGELAMKAN..!” tegas Dirjen Perikanan. Alhasil dari upaya ini, dirinya menjelaskan kapal-kapal asing didorong pergi jauh dari lautan kedaulatan Indonesia, saat ini kapal asing yang ditenggelamkan sudah mencapai 317 kapal.

“Kapal-kapal ikan asing yang berkapasitas besar ini bisa merugikan NKRI. Namun saat ini ikan Indonesia makin melimpah, pada tahun 2013 7,3 juta ton, 2015 9,9 juta ton dan sekarang 12.54 juta ton ikan Indonesia,”jelas Dirjen Perikanan.

Setelah berlimpahnya ikan Indonesia, langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Presiden Jokowi saat ini sudah menandatangani  Peraturan Presiden Nomor  44 Tahun 2016, Perikanan Tangkap tertutup untuk asing.

Hal ini sebagai upaya pemanfaatan lautan Indonesia yang kaya akan ikannya dan demi lestarinya sumber penghasilan nelayan yang ada diseluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Gorontalo.

Dalam kunjungan kerja ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV Drs. Roem Kono, Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, Ibu PKK Provinsi Idah Sayhidah, Bupati Bone Bolango Hamim Pou S.Kom., MM, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Sekda Boalemo Husain A. Etango dan para Forkopimda Gorontalo TNI Polri dan nelayan Gorontalo.

Laporan: Najid Lasale

Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini