oleh

Dispar Kabgor Bangun Pariwisata Dengan Hadirkan Pemandu “Mo Pobibi”

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Untuk membangun Pariwisata di Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson Pomalingo mendorong Dinas Pariwisata untuk berani bermimpi menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif guna menarik wisatawan berkunjung.

“Bermimpi itu gratis, dan Saya punya mimpi tentang Pariwisata yang ada di disini. Artinya, dengan mimpi ini kita bisa lebih kreatif dan inovatif menciptakan Konsep Paiwisata yang diminati,”kata Nelson dalam  Pembukaan Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbond Park. Kamis (11/04) Pentadio Resort.

Membangun Sektor Pariwisata memang tidaklah mudah. Namun kata Nelson, bila sektor ini dikelolah dengan baik akan memberikan dampak Multi Player Effect bagi Daerah, diantaranya dapat mendorong percepatan ekonomi. Maka sangatlah wajar di berbagai Daerah di Indonesia,  Sektor Pariwisata menjadi Sektor unggulan yang selalu dikembangkan oleh Pemerintah Daerah.

Hal inilah yang diminta Nelson kepada Kepala Dinas, Yusran Lapananda untuk menciptkan inovatif di Sektor Pariwisata. Karena melihat potensi yang dimiliki, Kabupaten Gorontalo memiliki sejumlah Potensi Pariwisata dan telah banyak diminati bukan hanya bagi Wisatawan Lokal tapi juga Wisatawan Manca Negara.

Sementara Itu, Yusran Lapananda mengatakan, dirinya mempunyai strategi untuk menjawab tantangan Pariwisata. Salah satunya dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata bagi Pemandu Wisata.

Menurut Dia, selama ini Pemandu Wisata yang ada disetiap Destinasi hanya mendapatkan pengetahun secara otodidak dan pengalaman-pengalaman saja. Untuk itu, dengan mencipatkan Pemandu Wisata yang diberi Nama “Mo Pobibi” dalam Bahasa Gorontalo atau Memperkenalkan dalam Bahasa Indonesia, Pemandu Mo Pobibi mendapat pengetahuan bagaiaman menjadi Pemandu Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Yusran Lapanada, Saat Diwawancarai Soal Strategi Pariwisata.

“Kita berharap, Pemandu Wisata yang menjadi ujung tombak Pariwisata ini mendapat pengetahuan bagaiman memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Gorontalo,”harap Yusran.

Rencananya, 60 Peserta Pelatihan Pemandu Mo Pobibi  akan diberikan Pelatihan selama 2 hari, sampai Jum’at (12/04). Dan akan di didik langsung oleh Pemandu-Pemandu Wisata Profesional.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini