oleh

Dorong Kemandirian Daerah, Pemda Kabgor Evaluasi PAD Dari Pajak Dan Retribusi

LINTAS KABGOR (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Keuangan Daerah lakukan Rapat Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Pajak dan Retribusi Daerah dalam rangka meningkatkan Kemandirian. Kamis (29/11). Gedung Kasmat Lahay Limboto.

Evaluasi ini di hadiri Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan membuka secara langsung Rapat Evaluasi tersebut. Dirinya menyampaikan Pajak dan Retribusi Daerah sangat penting di dalam upaya membangun Daerah dengan mengarah ke Kemandirian. Dan ini sudah dituangkan di dalam RPJMD, salah satu Misi-nya adalah Optimalisasi Sumber Daya Alam atau Aset Dalam Rangka Membangun Kemandirian.

“Di dalam Daerah Otonomi ini, Pemerintah Daerah di dorong untuk Mandiri dalam membangun, salah satunya terkait sumber dana maka tentunya melalui Pajak dan Retribusi Daerah, PAD akan terus di dorong,” tutur Nelson.

Untuk mendorong PAD Nelson menambahkan, pihaknya akan melakukan Langkah Pertama dengan Mengorganisir Seluruh OPD sampai ke tingkat bawah, Kedua membuat Regulasi. seperti Peraturan Daerah tentang Air dan Perda Parkir termasuk untuk mendorong NJOP Kabupaten Gorontalo, Ketiga membuat Punishment dan Reward .

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Manaf Dunggio dalam laporannya mengatakan, Pelaksanaan Evaluasi ini bertujuan untuk melihat capaian Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan maupun Perkotaan (PBB-P2) serta peran Camat, Kepala Desa/Lurah selaku Pimpinan Wilayah dalam upaya mendorong capaian target PBB-P2 yang telah ditetapkan.

“selain itu, Rapat Evaluasi ini juga untuk menilai peran OPD sebagai Pengelola Retribusi Daerah dalam optimalisasi PAD serta peran Satpol PP untuk penegakkan Perda bagi Wajib Pajak,” tandas Manaf

Laporan : Agung Julianto
Editor : Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini