oleh

Dua Lo Ulipu Pemda Kabgor Di Hari Ketiga Lebaran Idul Fitri 1440 H

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Dua Lo Ulipu atau Doa Untuk Negeri digelar Pemda Kabupaten Gorontalo bersama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabgor. Jumat (07/06). Pendopo Rudis Bupati.

Salah satu tokoh adat yang juga Bate Lo Buungo, Darwis Katili, mengatakan, kegiatan ini untuk memanjatkan doa keselamatan kepada Sang Khalik demi kelangsungan pembangunan oleh pemerintah daerah yang aman, tenteram, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berdoa agar seluruh pemimpin -pemimpin di negeri ini diberikan umur panjang dan sehat selalu,” ungkap Bupati.

Darwis Katili menambahkan, agar negeri ini dijauhkan dari ancaman bahaya maka penting untuk melakukan doa.

“Kalau semua didoakan, mudah -mudahan pemerintah, masyarakat dan kita semua selalu dijauhkan dari bahaya dan pembangunan akan berjalan dengan baik demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo pada umumnya,” kata Darwis Katili.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada hari ketiga lebaran Idul Fitri dan mendatangkan Camat, perwakilan tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Menurut Bupati Nelson, hari pertama lebaran dirinya memberikan ruang kepada pimpinan wilayah kecamatan untuk tetap diwilayah agar melayani masyarakat.

“Bertemu keluarga, kerabat, tetangga dan paling utama orang tua,” ungkap Nelson.

Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, bila tahun-tahun sebelumnya Doa lo Ulipu dipusatkan di Limboto, maka kebijakan ini diubah demi efisiensi waktu mendekatkan pelayanan dan dilaksanakan di wilayah kecamatan masing-masing.

Nelson menjelaskan pada kegiatan serupa tahun-tahun kemarin, masyarakat dan para tokoh adat datang ke ibu kota kabupaten di Limboto. Namun, katanya, sudah dua tahun ini pelaksanaan di tingkat kabupaten hanya untuk para utusan, tokoh adat, tokoh masyarakat sedangkan selebihnya pada lebaran hari ke 4 dan ke 5 akan di laksanakan di kecamatan masing-masing.

“Hari ini kami gelar di tingkat kabupaten dan besok secara bergilir kami datang untuk melaksanakan di setiap kecamatan dalam rangka mendekatkan pelayanan,” kata dia.

Dengan mendatangi setiap wilayah, ia dapat melayani dan memahami apa saja yang terjadi di lapangan.

“Jika saya tidak datang ke setiap wilayah, maka tidak dapat memahami apa saja yang terjadi di kecamatan dan desa,” katanya.

“Saya juga akan menyambangi desa dan dusun terpencil untuk melihat berbagai pandangan dari tingkat bawah untuk meningkatkan proses pembangunan demi terwujudnya Kabupaten Gorontalo lebih baik lagi,” lanjut Nelson.

Diketahui, turut Hadir pada kegiatan itu, Sekda Ir. Hadijah U Tayeb, Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak Dr. Fory Naway serta undangan lainnya. Doa ini pula diakhiri salam-salaman.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda