oleh

Fadel-Nelson Rencanakan 8-10 Kabupaten/Kota Di Provinsi Gorontalo

KABGOR (LIGO) – Sahuti keinginan masyarakat Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, yang ingin Memisahkan Diri dari Daerah Induk dan membentuk Kota Baru, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Jum’at (25/10) saat melakukan Kunjungan di Gorontalo, dirinya menyatakan Dukungan sepenuhnya kepada masyarakat Kecamatan Telaga untuk pembentukan Kota Telaga.

Meskipun kaget mendegar, keinginan masyarakat Kecamatan Telaga, namun Fadel mendukung aspirasi Warga Telaga untuk Memisahkan Diri dari Kabupaten Gorontalo.

“Tadi, Saya baru dengar tadi Laporannya, bahwa Warga Telaga berkeinginan menjadi Satu Wilayah yakni Kota Telaga,” kata Fadel, kaget mendengar keinginan tersebut.

Sewaktu Dirinya masih menjabat Gubernur Gorontalo lanjut Fadel, Dirinya bersama Pemerintah Daerah kala itu sudah melakukan Penelitian, bahwa di Gorontalo ini diperlukan 8 wilayah Kabupaten dan Kota, 2 Daerah Kota dan 6 Kabupaten.

“Sekarang Kita hanya punya 1 Kota dan 5 Kabupaten, sehingga ada peluang 2 Kabupaten 1 Kota dan kalau Mereka bersemangat di Telaga maka Kita dukung itu,” ungkap Fadel mendukung pembentukan Kota Telaga.

Ia pun sudah meminta kepada Bupati Nelson dan Panitia untuk melengkapi Laporannya.

“Saya tadi, sudah meminta kepada Panitia untuk melengkapi Administrasi dan akan Kita bawa dan perjuangkan di Pusat,” kata Fadel lagi.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, sejak awal, dukungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo kepada Warga Telaga untuk Memisahkan Diri dan menjadi Satu Wilayah Kota Gorontalo.

Namun kata Nelson kajiannya harus diperdalam sehingga alasan-alasan untuk menjadi Wilayah Kota Telaga harus akurat. Bahkan, bentuk dukungan itu, mulai tahun ini sudah disiapkan Anggarannya terkait Pemekaran.

“Tahun depan lagi Kita masukan dalam Anggaran sehingga Panitia Pembentukan Kota Telaga benar-benar berjalan dengan baik,” terang Nelson.

Nelson pun sempat mengenang perjuangan Dirinya dan masyarakat Gorontalo saat Memisahkan Diri dari Sulawesi Utara, dan melakukan Deklarasi di Lapangan 23 Januari, Kecamatan Telaga.

Dirinya masih ingat persis, Pembentukan Provinsi Gorontalo, sebenarnya direncanakan Jangka Panjang ada 10 Kabupaten untuk Provinsi Gorontalo.

“Kita bisa lihat di Daerah lain, hampir semua sudah 10 bahkan sudah lebih 10, nah kalau Kita lihat sekarang sudah 6, lahir lagi 3, Kota 1 maka sudah 10, “ imbuhnya.

“Tadi, Pak Fadel hanya Delapan, Saya menginginkan 10,” tukas Nelson. (*B02).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini