oleh

Fasilitasi Lembaga Adat Boalemo, Bupati Bagikan Motor Tiap Kecamatan

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Musyawarah pengangkatan Qadi dan Hakim Adat di Kabupaten Boalemo berlangsung dengan penuh khidmat, hal itu mendapat apresiasi dari Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

“Tentunya atas nama Pimpinan Daerah Saya sangat mendukung pelaksanaan acara Adat ini, demi menjaga dan kelangsungan Adat yang ada di Boalemo” ungkap Darwis. di Rudis Bupati. Senin (04/02)

Bupati Darwis moridu mengatakan Pemerintah akan selalu mendukung hal-hal yang di lakukan oleh Lembaga Adat. Bahkan Dirinya akan memberikan bantuan Motor kepada Lembaga Adat di setiap Kecamatan.

“Demi mempermudah proses transportasi setiap Qadi dan Hakim Adat, maka Kami akan memberikan Bantuan, berupa Sepeda Motor sebanyak  7 Unit yang akan di bagikan di setiap Kecamatan, dan setiap Kecamatan mendapat 1 Unit Motor sehingga mempermudah akses jangkauan yang di tuju Lembaga Adat,” kata Darwis sebagai bentuk apresiasinya.

Lanjut Darwis menambahkan, pada Tahun 2020 Pemda akan menambahkan lagi 7 Unit Motor untuk Lembaga Adat dan melakukan pembangunan Rumah Adat di Kabupaten Boalemo. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan terus melestarikan Adat Istiadat yang ada di Boalemo, yang selalu di junjung tinggi, apalagi kata Darwis, Gorontalo dikenal dengan Falsafah, Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pak Wabup dan Pak Sekda yang Alhamdulillah bisa hadir bersama-sama, apa yang menjadi keluhan dari Lembaga Adat tadi Pak Ketua Adat Kabupaten Boalemo sudah sampaikan pada Saya, maka Pemerintah akan memberikan Bantuan Motor pada Tahun ini ada 7 Unit, dan Tahun depan ada lagi ketambahan 7 Unit serta membangun Rumah Adat di Kabupaten Boalemo” pungkasnya.

Tokoh Adat Boalemo dalam Musyawarah pengangkatan Qadi dan Hakim Adat di Kabupaten Boalemo

“Kami berharap dengan terpilihnya Usman Hasan menjadi Qadi Boalemo dalam hasil Musyawarah Adat Dolohupa bisa menjadi jembatan pemersatu umat Lembaga Adat yang ada di Boalemo,” tutup Darwis.

Laporan: Mukrin Laete
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda