oleh

Fory Naway Paparkan Strategi Tangani Stunting Di Kabgor

LINTAS KABGOR (LIGO) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengatakan pada Tahun ini, Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo akan memaksimalkan Penurunan Angka Stunting.

“Stunting ini sebenarnya ditujukan untuk Bunda PAUD dan ini Program Nasional, Kami di Dinas Pendidikan diharapkan untuk menyampaikan kembali apa yang menjadi Program Prioritas dari Nasional tapi Stunting ini bukan hanya saja di PAUD tetapi terintegrasi, termasuk Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, karena menangani Stunting ini,” jelas Fory Naway, Sabtu (05/01) usai jadi Pembicara pada Bimbingan Teknis dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan, yang ditujukan pada Bunda PAUD.

Yang paling utama kata Fory Naway, dalam menurunkan Angka Stunting adalah penanganan kebutuhan dasar anak terpenuhi dan Asupan Gizinya. Terutama Protein, sejak 1000 Hari Pertama, dari Usia dalam kandungan 9 Bulan pasca melahirkan sampai umur 2 Tahun

“InsyaAllah 2019 bulan Januari minggu ke 3 Kami akan turun dengan Dinas Kesehatan akan menimbang Anak dengan kategori Stunting, yang kami tangani 1000 Anak Kemarin, dan itu setelah ditimbang di ukur tingginya lalu Kami tetap menangani masalah Gizinya itu akan kami tangani teroganisir melalui beberapa lintas Dinas” terang Fory Naway.

Target yang diharapkan oleh Fory Naway tersebut adalah jangan sampai ada lagi Stunting di Kabupaten Gorontalo, dan harus di minimalisir sehingga tamat sudah riwayat Stunting, tapi tentu tidak bisa lepas memperhatikan pada kebutuhan dasar mereka.

Pada kesempatan itu Fory Naway juga menambahkan bahwa pengaruh lingkungan juga sangat penting lingkungan tersebut harus bersih, kemudian pola asuh dan pola makan.

“Dalam hal ini bekerja sama antar lintas Dinas yakni Dinas Lingkungan Hidup, PU dan Dinas Pemukiman beserta PKK Dharma Wanita tapi orientasi lebih utama adalah Program Kami di PKK.” tukas Fory Naway.

Laporan: Pertiwi Sudirman
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini