oleh

Gagas Program GEMPITA, Camat Bulango Utara Diapresiasi Ketua TP. PKK Bonebolango

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Melalui Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-XV, Pemerintah Kecamatan Bulango Utara melaunching program perubahan GEMPITA (Gerakan Menanam Produktif Kesejahteraan Warga). Gempita sendiri digagas langsung Camat Bulango Utara Endang Gobel.

Hal ini dilakukan Endang Gobel karena mengingat begitu banyak lahan pekarangan di Bulango Utara yang masih kosong dan tidak dimanfaatkan oleh warga. Maka dengan adanya penggunaan lahan ini akan terpenuhi kebutuhan masyarakat.

“Lahan pekarangana di Bulango Utara itu terlalu besar namun tidak dimanfaatkan untuk menanam oleh masyarakat. Makannya saya membuat program perubahan ini sehingga masayarakat bisa memelihara, menanam, memetik serta menjualnya tidak perlu membeli lagi dan sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari,” jelas Endang Gobel kepada lintasgorontalo.com.

Dijelaskannya pula bahwa yang menjadi sasaran dalam program ini yakni masyarakat Bulango Utara. GEMPITA pun pertama kalinya dilaksanakan di Kecamatan Bulango Utara dan nantinya akan menjadi sampel di Provinsi Gorontalo nanti.

“Sasarannya adalah masyarakat Bulango Utara. Memanfaatkan lahan kosong mereka untuk program ini, dan saya memberlakukan program ini pertama kalinya di Kecamatan Bulango Utara, tapi nantinya ini juga akan menjadi sampel Provinsi nanti,” ungkap Endang Gobel.

Menurut Endang, untuk mendukung pelaksanaan program GEMPITA, tidak hanya pelaksanaanya namun juga pendampingan. Sehingga hal ini bisa terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Kecamatan Bulango Utara.

“Jangan kita hanya menanam saja lalu tidak perduli lagi dan tidak memelihara tanaman ini dengan baik, maka dari itu butuh pendampingan yang baik sehingga bisa meningkatlan ekonomi masyarakat,” sambungnya.

Program terobosan Camat Bulango Utara ini mendapat apresiasi dari Ketua TP. PKK Bonebolango Lolly Hamim Pou. Lolly mengungkapkan bahwa program perubahan GEMPITA sangat bagus dan diharapkan bisa meningkatkan peran serta pendapatan perempuan.

“Hal ini sangat bagus dan harapan saya ini bisa meningkatkan peran perempuan, selain itu juga bisa meningkatkan pendapatan para perempuan,” harap Lolly Hamim Pou.

Laporan : Mirnawaty Ahaya
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini