oleh

Gelaran Festival Tumbilotohe Kabgor Kali Ini Di Desa Konservasi Budaya Talumelito

LINTAS LIMBOTO (LIGO) –Desa konservasi budaya Talumelito, kecamatan Telaga Biru akan menjadi pusat pelaksanaan Tumbilotohe Tingkat Kabupaten Gorontalo. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang pelaksanaan Tumbilotohe kerap digelar di Menara Limboto dan Pentadio Resort. Pada tahun 2019, Pemkab Gorontalo memilih Talumelito sebagai lokasi pelaksanaan Tumbilotohe.

Berbicara konservasi budaya, ini berkaitan dengan segala bentuk kebudayaan yang ada di kabupaten Gorontalo, tidak terkecuali pasang lampu atau Tumbilotohe ini yang juga sebagai budaya masyarakat Gorontalo yang sudah turun temurun.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengatakan, Festival Tumbilotohe tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo dilaksanakan di desa konservasi budaya dikerjsamakan Disporapar dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo.

Berbagai jenis kegiatan yang telah disusun panitia pelaksana, antara lain lomba festival Tumbilotohe antar Kecamatan, festival Tumbilotohe antar komunitas, festival Tumbilotohe antar individu atau perorangan atau per rumah tangga.

Disamping itu juga, Fory Naway katakan ada juga Festival Bunggo yang diikuti utusan kecamatan dan perorangan. Kemudian juga ada festival Tumbilotohe antar Dasa Wisma se Kabupaten Gorontalo.

Lebih jauh Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu menjelaskan, disamping itu ada juga festival Fashion, lomba Azan, lomba Kultum, lomba Ngadi unu-unungo. “Beberapa jenis kegiatan inilah yang dikerjasamakan antara Disporapar dan PKK Kabupaten Gorontalo,” jelasnya lagi, Jumat (31/05/2019).

Fory Naway menegaskan, karena ini berbicara Tumbilotohe yang dengan nuansa lebih kentalnya mempertahankan adat. Maka PKK Kabupaten Gorontalo juga menginisiasi lomba Arkus.

“Pada intinya untuk Tumbilotohe tahun ini lebih dititik beratkan 70 persen tradisonal dan 30 persen lampu pendukung. Baik dia Tohe Tutu, Padamala, Tohe Wamuta dan sisanya lampu pendukung,” ungkap Fory

Ia berharap, ketua-ketua PKK desa dan kecamatan mensuport dan mendukung kegiatan ini.

“Harapanya pertama, kegiatan ini dilaksanakan berbeda dari tahun- tahun kemarin, kedua, masyarakat baik itu desa, maupun dasa wisma dan organisasi perempuan lainnya untuk berperan aktif dalam mensukseskan Festival Tumbilotohe tahun ini, “ harap Fory Naway.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini