oleh

Gerakan Ayo Jaring Sampah, Edukasi Anak Soal Lingkungan Dan Pengolahan Sampah

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Bonebol (Bonebolango) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU/PR) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Lingkungan Hidup secara resmi akan menjalankan Program Gerakan Ayo Jaring Sampah.

Gerakan Ayo Jaring Sampah di Launching langsung Ketua TP. PKK Kabupaten Bonebol Lolly Hamim Pou, Kamis (29/11/2018) di Tempat Pengolahan Sampah, Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) Cemerlang, Desa Ayula Selatan.

Gerakan Ayo Jaring Sampah sendiri merupakan Proyek Perubahan PIM IV dari Andres Akase yang merupakan ASN di Dinas PU/PR Bonebol. Diwawancarai lintasgorontalo.com di sela-sela kegiatan, Andres menjelaskan, hal ini adalah tugas besar, karena dapat memberi hasil yang baik untuk beberapa aspek.

Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan Ayo Jaring Sampah  merupakan suatu bentuk Kampanye atau Sosialisasi kepada Anak-Anak PAUD, TK ataupun SD yang bertujuan agar mereka lebih mengenal Lingkungan dan seperti apa itu Sampah.

“Inovasi yang ada saat ini adalah bagaimana Anak-Anak itu mengerti tentang Sampah langsung dari Tempat Pengolahan Sampahnya. Tapi kalau bicara Sampah ini kan Orang-Orang sangat kenal dengan bau tidak sedap. Namun kita liat bersama, tempat sampah TPS3R ini tertata rapih dan tidak ada Sampah sedikitpun,” tutur Andres Akase.

Andres Akase, Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Dinas PUPR Kabupaten Bonebol

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pula Lomba Mewarnai Gambar dan Tempat Sampah yang diikuti puluhan Anak PAUD, TK dan SD se-Kecamatan Bulango Selatan.

“Ya, lewat Lomba ini kami kenalkan kepada Anak-Anak bagaimana itu Sampah dan seperti apa menjadikan Sampah supaya memiliki nilai,” ujar Andres.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Bonebol Lolly Hamim Pou dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi Proyek Perubahan (Proper) dari Andres Akase. Menurutnya hal seperti ini perlu dilakukan secara besar dan berkelanjutan.

“Ini sangat bagus dan luar biasa. Saya minta untuk pak Andres melalui Dinas terkait untuk sekiranya dapat menyelenggarakan Lomba Melukis ini setiap tahunnya dan lebih besar lagi dengan skala se-Kabupaten Bonebolango,” terang Lolly Hamim Pou

Laporan : Najid Lasale
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda